Bahaya Wadah Air Wiper Sering Kosong Dan Tips Perawatan Wiper

jangan-biarkan-wadah-air-wiper-kosong-inilah-bahaya-yang-akan-mengintai-andaJangan Biarkan Wadah Air Wiper Kosong, Inilah Bahaya Yang Akan Mengintai Anda.

Mekanikmitsubishi.com – Komponen yang ada di mobil seperti wiper atau karet yang berfungsi membersihkan kaca supaya bersih ini tentu harus diperhatikan perawatanya. Karena, komponen ini termasuk sangat penting sekali untuk memudahkan anda, terlebih saat musim hujan. Selain di musim hujan, wiper juga bisa difungsikan untuk menghilangkan debu dengan bantuan air yang dipompa dari wadah atau tempat penampung khusus

Baca juga : Tips perawatan dan manfaat rutin tegakkan wiper saat mobil diparkir.

Namun, sering kali anda lupa mengecek air yang ada di wadah wiper karena kesibukan aktivitas anda sendiri. Air yang ada di wadah wiper dibiarkan kosong atau tidak terisi, padahal itu bisa membuat masalah baru timbul lagi. Oleh karena itu, jangan biarkan wadah air wiper kosong bisa membuat kerusakan

Berikut adalah resiko atau bahaya jika air di dalam wadah wiper kosong dan juga cara merawat wiper :

Baca juga : Tips memilih wiper yang bagus tanpa tertipu merek yang jarang diketahui.

  • Saat anda membiarkan air dalam wadah wiper ini kosong, wadah wiper tersebut akan meleleh karena wadah air wiper tersebut terbuat dari bahan plastik. Lebih bahayanya, jika wadah air wiper ini sudah meleleh, akan menimbulkan masalah atau kerusakan pada bagian mesin lainnya.
  • Namun, berbeda dengan wadah air wiper yang selalu isi. Karena, air yang terdapat di wadah wiper akan membantu menyerap hawa panas yang berasal dari bagian mesin. Untuk itu, jika wadah wiper sudah rusak karena anda membiarkan kosong, sebaiknya segera ganti agar wadah wiper ini bisa berfungsi normal kembali.
  • Untuk itu, anda harus rutin mengecek air yang ada dalam wadah agar tidak kehabisan. Untuk perawatannya sendiri anda bisa menggunakan cairan wiper yang dicampur dengan air untuk dimasukan ke dalam wadah wiper tersebut. Hal ini bertujuan untuk membantu komponen wiper supaya tidak melakukan tugasnya secara berlebihan.
  • Selain itu, anda juga harus menyemprotkan pelumas khusus untuk wiper agar kinerja wiper tetap bagus dan bisa bergerak dengan lancar.
  • Bersihkan bagian karet wiper menggunakan cairan khusus pembersih wiper.
  • Saat mobil sedang tidak membutuhkan bantuan wiper, jangan biarkan karet wiper menempel dengan kaca secara langsung.
  • Saat anda sedang membersihkan karet wiper, hindari mengelap bagian pinggir wiper tersebut. karena, di bagian pinggir wiper tersebut terdapat bahan kimia yang berfungsi untuk melindungi keelastisan dari wiper itu sendiri.
  • Yang terakhir, jika anda sudah menemukan karet wiper anda mengalami lapuk atau mengalami retakan, sebaiknya segera ganti. Karena jika tidak segera diganti juga akan membuat kaca mobil anda baret-baret.

Selain harus rutin memeriksa air wiper, anda juga harus memperhatikan kebrsihan wiper itu sendiri agar tetap awet dan berfungsi normal. Selain itu, anda juga harus memperhatikan usia dari wiper tersebut, karena wiper memiliki batas waktu pemakaian. Untuk mengetahui kelayakan wiper, anda bisa memperhatikan ari kinerja wiper tersebut. jika sudah ada tanda-tanda seperti wiper macet atau tidak bisa bergerak lancar, itu menandakan wiper sudah waktunya untuk diganti

Jika anda tidak ingin menggantinya, sebaiknya bawa mobil anda ke bengkel untuk diperbaiki bagian wipernya. Mintalah ke mekanik bengkel tersebut untuk memberi pelumas ke karet wipernya agar bekerja lebih optimal kembali.

Demikian tadi adalah beberapa resiko jika anda membiarkan air wadah wiper kosong tidak isi dan cara merawatnya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Artikel terkait :

Tips dan cara menjaga agar wiper tak mudah kering dan menimbulkan bunyi berdecit dengan mudah.

Cara paling mudah ketahui kondisi wiper mobil masih baik atau sudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *