Bahaya Mengganti Ban Berukuran Lebih Besar Dari Standar Pabrikan

bahaya-dan-efek-buruk-jika-mengganti-ban-ukuran-lebih-besar-dari-standar-pabrikanBahaya Mengganti Ban Berukuran Lebih Besar Dari Ukuran Standar Yang Sudah Disetting  Pabrikan.

Mekanikmitsubishi.com – Ban merupakan media utama yang membantu mobil berkontak langsung dengan medan jalan. Bayangkan jika sebuah mobil tidak menggunakan ban, tentu tidak akan bisa berjalan bukan? Ban ini adalah salah satu komponen mobil yang terbuat dari bahan karet yang dirancang atau digabungkan dengan kawat baja dan jenis partikel lainnya sehingga membentuk sedemikian rupa.

Baca : Kelebihan dan kekurangan isi ban menggunakan nitrogen.

Ban yang sudah tipis atau sudah rusak tentu harus segera diganti supaya tidak membahayakan pengendara. Akan tetapi, perhatikan ukuran dan cara penggantian ban mobil anda. Tentu akan ada bahaya mengganti ban berukuran lebih besar dari standar pabrikan yang harus anda perhatikan dan waspadai. Yang menjadi patokan ketika akan melakukan penggantian ban adalah dengan melihat karakter seperti angka dan huruf yang ada pada bagian dinding ban. Di dinding ban tersebut tertera ukuran ban, merk ban, tipe ban yang anda pakai.

Di bawah ini adalah beberapa bahaya mengganti ban berukuran lebih besar dari standar pabrikan yang harus anda perhatikan jika akan mengganti ban mobil yang sudah rusak.

Baca juga : Alasan penting memeriksa tekanan anginpada ban mobil secara rutin.

  1. Boros bahan bakar

Pemakaian atau penggantian dengan telapak ban yang lebih besar atau lebar akan membuat gesekan yang terjadi antara medan jalan dan ban menjadi lebih besar. Karena gesekan yang besar itu akan membuat mesin bekerja atau mempunyai beban lebih berat untuk menjalankan atau menggerakkan ban. Hal ini akan berakibat pemborosan pada konsumsi bahan bakar mobil anda.  Itulah tadi bahaya mengganti ban berukuran lebih besar dari standar pabrikan yang harus anda perhatikan

Baca juga : Dampak kurangannya tekanan angin pada ban mobil terhadap konsumsi BBM.

  1. Radius putar minimum

Pemakaian telapak ban yang terlalu besar atau melebihi standar pabrikan jika tidak disertai dengan pengurangan di jarak pijak bisa menambah lebar atau besar keseluruhan posisi pada telapak ban. Karena sebab itu, akan membuat radius putar mobil anda bertambah. Hal ini akan membuat anda membutuhkan atau memerlukan jarak yang lebih luas lagi ketika mobil akan berbelok tajam atau ketika anda akan melakukan u-turn. Dengan bahaya mengganti ban berukuran lebih besar dari standar pabrikan yang seperti itu, sebaiknya anda mengganti ban menggunakan ukuran yang kecil atau yang sesuai dengan standar ukuran mobil anda. Karena jika anda masih bersikeras menggunakan ban besar akan membuat anda kewalahan sendiri bukan?

  1. Akselerasi atau sinkronisasi mobil berkurang

Ketika anda memasang atau memakai ban mobil dengan ukuran yang tidak sesuai atau tidak standar pabrikan bisa mengakibatkan akselerasi berkurang. Maksudnya, bisa membuat tarikan mobil anda lebih berat. Hal itu dikarenakan oleh gesekan yang bertambah besar antara ban dan permukaan jalan aspal. Oleh karena itu jangan mengganti ban menggunakan ban dengan ukuran yang besar. Tetapi, pakailah atau gantilah ban anda menggunakan ban dengan ukuran kecil. Karena, akan membuat tarikan menjadi lebih ringan dan lebih gesit

Baca : Apa perbedaan tenaga dengan torsi mesin kendaraan..?

Dengan alasan-alasan di atas tadi, sebaiknya perhitungkan dan gunakan ban mobil dengan ukuran yang kecil atau yang sesuai dengan standar pabrikan. Sebaiknya, ketika anda akan mengganti ban mobil konsultasikan dengan mekanik bengkel yang anda kunjungi untuk menanyakan ban merk dan ukuran berapa yang cocok untuk mobil anda jika anda ingin melakukan modifikasi.

Demikian tadi adalah beberapa bahaya mengganti ban berukuran lebih besar dari standar pabrikan yang penting sekali anda perhitungkan. Karena jika anda tetap ingin mengganti ban menggunakan ban yang lebih besar justru akan membuat anda repot dan tidak nyaman sendiri. Semoga bermanfaat dan membantu untuk anda.

Artikel terkait :

Bahaya terlalu sering menyemir ban kendaraan yang jarang diketahui.

Batas waktu penggunaan ban mobil paling tepat.

Beberapa jenis telapak/alur ban dari kelebihan dan kekurangan masing masing.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *