Bahaya Mengerikan Sering Telat Ganti Oli Mobil

mekanikmitsubishi.comBahaya Mengerikan Sering Telat Ganti Oli Mobil Yang Akan Mengintai Kendaraan Anda.

Mekanikmitsubishi.com – Oli mesin mobil memiliki fungsi untuk membersihkan sekaligus menghaluskan kerja mesin mobil  yang Anda gunakan. Penggunaan oli mesin yang baik dan masa pakai dengan benar, akan membuat mesin bekerja optimal. Oleh karena itu, pemakaian mesin mempunyai jangka waktu tertentu.

Oli mesin yang telah digunakan mesti telah diganti dalam jangka atau jarak tempuh mesin kendaraan yang telah ditentukan. Jika telat diganti, oli mesin bisa menjadi penyebab kerusakan mesin mobil.

Baca juga :

5 cara mudah membedakan oli  asli dengan oli palsu dengan akurat.

Cara mengecek kualitas oli pada kendaraan yang wajib diketahui.

Berikut ini merupakan beberapa kerusakan mesin karena telat mengganti oli mesin mobil, serta bahaya mengerikan sering telat ganti oli mobil :

  1. Pemakaian BBM yang Boros

Berfungsi sebagai pelumas mesin, oli mesin mobil bisa mengurangi gesekan yang terjadi pada mesin. Gesekan halus dapat menyebabkan tarikan mesin enteng serta kerja mesin menjadi ringan. Akan tetapi apabila oli mesin tidak diganti, kualitasnya yang jelek bisa mengakibatkan gesekan kuat dan tarikan mesin menjadi berat. Efeknya mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk sumber tenaga.

  1. Penurunan Kualitas dan Kerja Mesin

Bahaya mengerikan sering telat ganti oli mobil selanjutnya adalah penurunan kualitas dan kerja mesin. Oli  berfungsi mengoptimalkan kerja mesin, apabila tidak diganti dengan rutin, maka kualitas oli mesin bisa menjadi turun, menjadi kental dan menghitam. Dengan begitu, fungsi oli sebagai pelumas untuk kerja mesin yang baik juga bisa menurun. Akibatnya yaitu gesekan pada mesin bisa meningkat  menurunkan kerja serta kualitas mesin mobil.

  1. Kerusakan Komponen Mesin

Apabila telah lama tidak diganti, oli mesin yang kental dan kotor bisa  mengakibatkan rusaknya komponen mesin bagian dalam. Misalnya bisa merusak dinding silinder, piston, serta bantalan poros engkol. Hal ini dikarenakan oli yang kualitasnya sudah jelek bisa mengakibatkan komponen mesin mesti bekerja melebihi kemampuanya. Hal tersebut membuat komponen mesin rentan untuk terbakar, tergores, dan karatan. Bahaya mengerikan sering telat ganti oli mobil ini perlu sekali Anda perhatikan.

  1. Mesin Mudah Panas atau Overheating

Oli mesin juga berperan dalam mendinginkan mesin mobil. Oli mesin yang telah lama tidak diganti dapat memiliki kualitas buruk, dan hal tersebut mengakibatkan fungsinya menjadi dan tidak maksimal. Kemudian bisa mengakibatkan mesin mobil semakin lambat untuk dingin serta berpotensi membuat mesin panas atau overheat.

  1. Seker Ngancing

Inilah bahaya mengerikan sering telat ganti oli mobil dan perlu Anda ketahui. Pada sepeda motor, jika Anda telat ganti oli, maka bisa mengakibatkan seker ngancing. Hal ini tentunya berbahaya untuk si pengendara. Hal ini karena saat dipakai jalan dan seker ngancing karena oli telah banyak berkurang, maka bisa mengakibatkan kendaraan berhenti seketika.

  1. Mesin Menjadi Kasar

Ketika telat ganti oli, biasanya terlihat jelas tandanya pada mesin itu sendiri. Mesin bisa terasa lebih kasar dari biasanya. Jika oli mesin masih bagus serta volumenya belum banyak berkurang, mesin akan enak dipakai dan suaranya halus. Getaran keras yang terjadi pada mesin akibatnya yaitu volume oli mesin yang telah jauh berkurang atau habis.

Maka dari itu, oli pada mesin perlu diganti secara rutin. Dengan begitu mobil akan terhindar dari hal-hal yang berbahaya dan juga yang tidak dii. Anda bisa melakukan servis secara teratur di bengkel ataupun di tempat penyervisan mobil.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui mengenai bahaya mengerikan sering telat ganti oli mobil. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Artikel terkait :

Cara mengganti Oli mesin mobil yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *