Bahaya Mengerikan Jika Anda Menyalakan AC Pada RMP Tinggi

Bahaya Mengerikan Jika Anda Menyalakan AC Pada RMP TinggiJangan Coba-Coba Nyalakan AC Saat RPM Tinggi. Ini Alasannya Yang Harus Diketahui.

Mekanikmitsubishi.com – Berada dalam perjalanan yang jauh memang akan membuat anda merasa lelah, tidak bersemangat hingga merasa kepanasan. Jika sudah begin, maka satu-satunya cara yang paling sering anda lakukan ialah dengan menyalakan AC.

AC alias Air Conditioner tentu saja menjadi salah satu bagian penting yang ada di dalam mobil anda. Bisa anda bayangkan akan menjadi seperti apa diri anda ketika harus menempuh perjalanan yang jauh pada siang hari, namun di mobil anda tidak memiliki AC. Mungkin anda masih punya pilihan dengan membuka kaca mobil anda, tapi mengingat banyaknya polusi dan semakin tidak asrinya udara saat ini, hal tersebut tidak terlalu disarankan untuk anda.

Baca juga : Tips dan cara perawatan,pengecekan dan perbaikan AC Mobil dengan benar.

Tidak salah memang menyalakan AC ketika sedang di dalam mobil, karena fasilitas ini diberikan untuk membuat anda merasa lebih nyaman dan tenang meskipun sedang dalam perjalanan yang sering kali membuat anda merasa sangat kelelahan atau kegerahan. Yang harus anda ketahui adalah, jangan tiba-tiba menyalakan AC anda secara mendadak ketika mobil anda sedang melaju dengan sangat kencang.

Mengapa hal itu tidak dianjurkan? Karena ternyata jika anda secara tiba-tiba menghidupkan Ackrtika mobil sedang melesat kencang, akanĀ  sangat mungkin kompresor AC anda menjadi lebih cepat rusak. Hal ini tentu saja akan bisa merugikan anda, karena selain harus memperbaikinya, bisa saja anda malah harus menggantinya dengan yang baru.

Jika kompresor tadi bermasalah tau sampai jebol, maka tidak mau akan terjadi masalah juga pada AC anda. Jika AC anda sudah mengalami masalah, tentu saja kenyamanan anda ketika memakai mobil akan berkurang, malah anda menjadi tidak ingin menungganginya lagi sebelum AC menjadi normal seperti semula.

Yang juga harus anda ketahui, jika anda terlalu sering melakukan kebiasaan buruk tadi, maka salah satu bagian atau komponen yang bernama magnet clutch juga akan menjadi cepa aus. Magnet Clutch ini berada di kompresor AC, sehingga akan mengakibatkan AC tidak akan bisa lagi sedingin sebelumnya, sebelum anda memperbaiki atau menggantinya.

Lalu, kapan anda sebaiknya menghidupkan AC di mobil anda? Waktu terbaik untuk menyalakannya ialah ketika mobil sedang berhenti, atau malah ketika mobil masih mati. Hal ini mungkin sedikit bertolak belakang dengan kebiasaan anda selama ini. Namun, karena anda sudah mengetahuinya, maka sebaiknya anda langsung melakukannya sejak hari ini juga.

Selain dengan tidak lagi melakukan kebiasaan buruk tadi, ada baiknya anda juga lebih sering mengecek atau melakukan perawatan. Beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui mengenai perawatan AC ialah sebagai berikut.

  1. AC sangat berhubungan dengan hawa sejuk yang akan ia keluarkan. Itu sebabnya, jika anda ingin AC bisa menjadi sejuk atau dingin lebih lama lagi, ketika anda akan parkir lama, pilihlah tempat yang sejuk, akan lebih baik jika tempatnya memiliki atap penutup.
  2. Jika anda menyalakan AC, pastikan bahwa extrafan kipas di mobil anda juga menyala. Jika tidak, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada kompresor. Bahkan, jika keadaannya sudah terlalu parah, kompresor tersebut bisa saja meledak. Sehingga anda harus benar-benar hati-hati.
  3. Jangan pernah sekalipun merokok ketika AC mobil anda sedang menyala. Asap rokok akan sangat bisa mengotori bagian Evaporator. Lama kelamaan, hal ini akan membuat kinerja AC anda menjadi terganggu. Hal ini juga bisa mengeluarkan aroma yang tidak sedap, hingga lendir dari AC anda.

Dari penjelasan mengenai AC tadi, diharapkan anda lebih bisa merawat dan menggunakan AC mobil anda dengan lebih bijaksana lagi.

Baca juga : Tips mengendarai mobil saat kondisi jalan sedang macet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *