Bahaya Meletakkan Handphone Di Jok Motor Dan Dashboard Mobil

Beberapa Bahaya Meletakkan Handphone Di Bawah Jok Motor Dan Dashboard Mobil Yang Jarang Diketahui

Bahaya Meletakkan Handphone Di Jok Motor Dan Dashboard Mobil - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com – Perubahan cuaca yang tak menentu, mau tak mau kadang bisa membuat Anda kewalahan terutama ketika berkendara. Cuaca pagi hari yang cerah, dan disusul hujan deras pada sore harinya merupakan salah satu perubahan cuaca yang biasa terjadi akhir-akhir ini. Sehingga, terkadang Anda tak membawa perlengkapan jas hujan ketika berkendara.

Semua barang yang Anda bawa pun akhirnya dimasukkan di bawah jok motor Anda, tak terkecuali handphone. Tak hanya pada jok motor, tahukah Anda kebiasaan menaruh handphone pada dashboard mobil juga memiliki efek negatif yang sangat berbahaya? Nah, lebih baik Anda berpikir dua kali ketika hendak menyimpan handphone di jok motor ataupun dashboard mobil sebelum mengalami hal bahaya berikut ini.

Baca juga : 3 bahaya ac mobil tak dingin meski sudah dinyalakan.

Bisa Meledak

Baterai handphone merupakan salah satu komponen yang tak boleh Anda perlakukan dengan seenaknya. Baterai yang terkena panas berlebih dapat menyebabkan timbulnya ledakan, terutama pada model-model handphone tertentu.Kondisi mesin dan juga handphone yang sama-sama panas, tentu merupakan sarana yang sangat memudahkan timbulnya ledakan.

Selain itu, kemungkinan munculnya ledakan juga dapat diperbesar dengan adanya bensin dan aki yang memiliki akses sangat dekat dengan jok motor. Dua cairan tersebut merupakan salah satu sarana penghantar panas dan pemicu timbulnya percikan api.

Nah, selain baterai, sebenarnya apa saja sih, pemicu meledaknya handphone ketika disimpan di jok motor atau dashboard mobil? Check this out!

  • Layar Handphone

Panas yang dihasilkan mesin motor maupun mobil ketika dioperasikan, merupakan salah satu penghasil energi panas yang sangat tinggi. Panas yang ada pada mesin tentu dapat menyalur melalui ponsel Anda. Terutama bagian layar.Ketika terkena panas berlebih, layar pada handphone yang terbuat dari liquid sangat mudah mengalami kerusakan dan berujung pada meledaknya ponsel.

  • Paparan Sinar Matahari

Ketika Anda meletakkan handphone pada dashboard mobil, otomatis ponsel Anda akan terkontaminasi langsung dengan panasnya sinar matahari. Terutama jika Anda berkendara pada siang hari.

Suhu tinggi yang dimiliki sinar matahrai tentu dapat memicu timbulnya ledakan terutama jika handphone Anda sering digunakan sepanjang perjalanan. Energi panas yang timbul melalui keduanya, bukan tak mungkin dapat meningkatkan kemungkinan terjadi ledakan.

Selain kedua hal tersebut, kebiasaan yang dapat menyebabkan handphone mudah meledak antara lain adalah tidak menggunakan charger original ketika mengisi ulang baterai.  Selain itu, mengisi baterai handphone ketika baterai sudah full juga dapat memicu timbulnya ledakan akibat overheating apabila Anda melakukannya secara rutin.

Terlebih jika Anda mencharger ponsel Anda di dalam mobil. Usahakan untuk selalu waspada dan jangan sampai terjadi overheating pada ponsel. Di samping itu, jangan gunakan hp ketika Anda sedang mengisi ulang baterainya. Sama seperti alasan berikutnya, ponsel Anda dapat mengalami overheating dan efeknya berimbas pada Anda.

 

Demikian artikel kali ini mengenai bahayanya menaruh handphene dan barang-barang elektronik dalam bagasi motor dan dashboard mobil. Selanjutnya Bagaimana? Masih mau meletakkan ponsel di jok motor ataupun dashboard mobil ketika mesinnya masih panas? Semoga bermanfaat. Terimakaish.

Artikel terkait :

Penyebab dan beberapa bahaya menambah atau mencampur berbagai merek oli mesin pada kendaraan.

Benarkah mitos memarkirkan ban kendaraan tidak lurus menimbulkan kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *