Bahaya Dan Tidaknya Menggunakan Cairan Tambal Ban Ajaib

mekanikmitsubishi.com - cairan ajaibBahaya Dan Tidaknya Menggunakan Cairan Tambal Ban Ajaib Bagi Kendaran Jangka Panjang.

Mekanikmitsubishi.com – Kendaraan menjadi hal yang sangat penting, karena akan mengantarkan siapa saja menuju kesuatu tempat dari suatu tempat. Pentingnya kendaraan ini membuat perawatannya tidak boleh sembarangan, karena akan mempertaruhkan nyawa. Salah satu gangguan yang mengintai para pengguna kendaraan baik kendaraan umum atau pribadi adalah ban bocor.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan ban tubeless yang menarik untuk diketahui.

Jika mengalami ban bocor tentunya anda harus menambalnya agar kendaraan bisa digunakan kembali. Namun jika bocor sudah besar atau banyak, anda harus mengganti ban tersebut. Sekarang ini sedang booming cairan tambal ban ajaib. Cairan tambal ban ini menjadi salah satu temuan baru untuk tambal ban yang lebih mudah dan tahan lama.

Namun bahaya atau tidakkah penggunaan cairan tambal ban ajaib? Mungkin banyak sekali diantara anda yang memiliki pertanyaan tersebut dibenak paling dalam. Hal ini wajar, karena akan menjadi keamanan kendaraan. Sekarang ini marak cairan tambal ban ajaib yang katanya akan membuat ban bocor kembali menjadi utuh.

Dengan iming-iming ini tentu banyak orang yang ingin menggunakannya. Namun apakah anda tahu cairan tambal ban ajaib yang penggunaanya disuntikkan pada ban tersebut bisa menimbulkan bahaya? Memang sih cairan tersebut mampu membuat ban bocor kembali utuh, namun jika memiliki efek berbahaya tentu anda kan berpikiran 2 kali bukan.

Jika ban yang ditembel dengan menggunakan cairan tambal ban ajaib merupakan ban lama atau ban yang karetnya tidak setebal membeli akan sangat berbahaya. Terlebih lagi jika digunakan untuk ban tubless, ini akan sangat berbahaya. Kenapa? Karena penggunaan cairan tambal ban ajaib ini dapat merusak komponen ban.

Selain merusak komponen ban, penggunaan cairan tambal ban ajaib ini juga bisa membuat velg rusak, karena cairan tersebut akan menimbulkan korosi yang berbahaya. Para produsen ban sebenarnya tidak menyerankan para pengemudi menggunakan cairan tambal ban ajaib, karena efek berbahayanya tersebut.

Karena bukan merusak komponen dan velg saja, performa kendaraan anda juga bisa berkurang jika menggunakan cairan tambal ban ajaib tersebut. Jangka waktu tambal ban dengan cairan ajaib tersebut juga singkat yakni hanya 1 tahun saja. Itupun jika tidak menjadi keras, karena biasanya akan berubah menjadi keras seperti serabut sebelum berumur 1 tahun.

Cairan tambal ban ajaib ini cocok untuk ban yang masih baru, karena tingkat keelastisitasnya masih bagus atau tinggi. Sedangkan untuk ban yang sudah lama sangat disarankan untuk tidak menggunakan cairan ajaib ini, jika anda tidak ingin melihat kendaraan bermasalah. Untuk itu bagi anda yang memiliki ban sudah lama, gunakan saja tambal ban seperti biasanya.

Tambal ban seperti biasanya juga sudah baik dan tahan lama, sehingga anda tidak perlu khawatir. Agar tetap aman atau jika anda ragu-ragu menggunakan cairan tambal ban ajaib, alangkah lebih baik tidak perlu menggunakannya saja, daripada kendaraan anda bermasalah dan membuat kinerja menjadi berkurang.

Seperti disebut diatas, para produsen aja sebenarnya tidak menyarankan menggunakan cairan tambal ban ajaib, padahal mereka adalah ahli ban. Mereka para produsen mengetahui apa yang baik dan tidak baik untuk kendaraan. Anda bisa mempercayakannya kepada para ahli, untuk itu lakukan saja tambal seperti biasanya, agar tidak rugi banyak akibat ingin mencoba.

Itulah bagus dan tidaknya cairan tambal ban ajaib. Anda bisa menyimpulkan sendiri apakah cairan tambal ban ajaib bagus untuk digunakan atau tidak. Karena kondisi dan umur ban kendaraan anda, hanya anda yang mengetahui. Pilihlah yang terbaik untuk kendaraan anda, karena bukan hanya untuk kendaraan itu sendiri, namun juga untuk keselamatan anda juga.

Artikel terkait :

Tips agar ban kendaraan tetap awet dan tahan lama.

Dampak dari kurangnya tekanan ban terhadap konsumsi bahan bakar yang jarang diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *