Bahaya Dan Risiko Pakai Penghemat Bahan Bakar Yang Sering Disepelekan

bahaya-dan-resiko-pakai-penghemat-bbm-dengan-alat-atau-bahanRisiko Pakai Penghemat Bahan Bakar Pada Mobil Yang Sering Disepelekan.

Mekanikmitsubishi.com – Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, manusia banyak menciptakan inovasi dalam dunia otomotif. Salah satu contoh kecilnya adalah seperti terciptanya alat penghemat bahan bakar atau bahan untuk menghemat bahan bakar pada mobil dimaksudkan agar lebih efisien.

Banyak pemilik kendaraan yang antusias atau tertarik untuk memakai alat atau bahan penghemat tersebut. Namun terkadang tidak memikirkan risiko pakai penghemat bahan bakar pada mobil jika terus menerus menggunakanya.

Alih-alih ingin menghemat pengeluaran untuk bahan bakar justru malah membuat pengeluaran lebih banyak karena mobil bisa saja rusak. Ada dua jenis penghemat bahan bakar, yang pertama adalah menggunakan jenis alat dan yang kedua adalah menggunakan bahan. Tetapi tetap saja akan ada risiko pakai penghemat bahan bakar pada mobil yang bisa membahayakan mobil itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa risiko pakai penghemat bahan bakar pada mobil yang wajib anda perhitungkan jika anda terus menerus menggunakan penghemat bahan bakar :

Baca juga :

Cara mudah bikin irit BBM tanpa oprek mesin yang baik dan aman.

Tips pintar berkendara agar hemat bahan bakar.

  • Kebocoran tangki bahan bakar

Ketika anda menggunakan alat penghemat bahan bakar pada mobil dengan memasang magnet penghemat bahan bakar pada bagian pipa di saluran bahan bakar dengan cara melingkarkanya. Selain dengan cara itu, ada pula jenis pemasangan dengan memutuskan atau memotong saluran bahan bakar kemudian mengalirkan bahan bakar ke alat penghemat tersebut. Risiko pakai penghemat bahan bakar pada mobil ini akan membuat tangki bahan bakar anda bocor. Lebih parahnya mesin mobil anda akan rusak parah jika terus menerus memakai alat penghemat tersebut. Oleh karena itu jangan asal memakai penghemat bahan bakar jika belum tahu tentang resiko yang akan dialami.

  • Merusak kualitas mesin mobil

Risiko pakai penghemat bahan bakar pada mobil dengan menggunakan penghemat bahan bakar cair adalah timbulnya kerak pada mesin yang tentu saja bisa mengurangi kinerja mesin bahkan bisa merusak kualitas mesin. Karena Cairan penghemat bahan bakar ini mengandung cairan adiktif yang bisa menghasilkan unsur logam yang tentu saja akan berefek buruk di saluran bahan bakar dan di ruang pembakaran mobil. Jika anda tetap menggunakan bahan penghemat bahan bakar dengan bahan cairan ini terus menerus akan lebih berbahaya dan akan membuat kerusakan yang parah pada mesin mobil.

Solusi Menghemat BBM Dengan Aman Bisa Dengan Beberapa Opsi Berikut ini : 

Dengan Risiko pakai penghemat bahan bakar pada mobil yang cukup membahayakan mesin sebaiknya ganti penghemat bahan bakar menggunakan cara yang aman.

Cara menghemat bahan bakar yang aman pertama adalah pompa tekanan angin pada ban dengan benar. Jangan terlalu banyak atau berlebihan tekanan angin dan juga jangan terlalu sedikit.

Cara yang kedua bisa dengan cara tune up mesin. Tune up mesin ini membantu memaksimalkan atau mengoptimalkan tenaga dan tentu saja akan membantu menghemat bahan bakar mobil anda.

Cara tambahan yang beriringan/berkala yang mudah selanjutnya adalah dengan cara rutin membersihkan filter udara, karena filter udara yang kotor akan menyebabkan mesin mati dan juga boros bahan bakar.

Cara untuk mengurangi risiko pakai penghemat bahan bakar pada mobil yang terakhir adalah dengan menghindari penggunaan AC ketika macet. Karena hal itu akan membuat beban yang berat dan akan membuat mobil lebih banyak memakan bahan bakar.

Setelah anda mengetahui risiko pakai penghemat bahan bakar pada mobil tentu akan membuat anda berfikir ulang ketika akan memakai penghemat bahan bakar yang justru akan merusak mesin mobil anda sendiri dan tentu saja akan membuat pengeluaran anda semakin lebih banyak. Semoga bermanfaat dan membantu anda.

Artikel terkait :

Cara mengemudi mobil matik agar hemat bahan bakar.

Kelebihan mobil manual dari mobil matik yang jarang diketahui.

Mobil Diesel vs Bensin bagusan mana? Ini rahasianya.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *