Bahaya Dan Penyebab Charger HP di Mobil Serta Tips Amannya

bahaya-dan-penyebab-charger-hp-di-mobil-serta-tips-amannya-mekanikmitsubishiInilah Bahaya Dan Penyebab Charger HP di Mobil Dan Cara Amannya Yang Masih Belum Banyak Diketahui.

Mekanikmitsubishi.com – Di zaman yang serba modern ini semakin banyak mobil yang diciptakan dengan berbagai kecanggihan. Salah satu kecanggihan tersebut adalah munculnya charger untuk HP di dalam mobil. Hal ini karena manusia tidak bisa lepas dari yang namanya gadget, karena itu mobil juga diciptakan untuk kebutuhan manusia akan gadget.

Baca juga : Aplikasi membantu aktivitas mengemudi yang wajib Anda miliki.

Adanya fasilitas charger di dalam mobil bisa membuat pengemudi tidak kehabisan daya untuk handphonennya. Charger baterai HP digunakan dengan memakai output lighter yang ada di dalam mobil. Apabila tidak ada, charger handphone dapat dilakukan dengan menambahkan aksesoris aftermarket yang dijual di toko aksesoris otomotif.

Mengapa charger hp di mobil berbahaya? Hal ini disebabkan power output yang digunakan bermula dari lighter yang dapat membuat usia baterai pendek. Hal ini disebabkan tegangan listrik dari mobil tidak stabil karena mesin mobil berputar naik dan turun.

Selain itu, juga diakibatkan karena listrik yang mati hidup ketika menyalurkan arus listrik ke sistem kelistrikan. Kondisi ini bisa memengaruhi tegangan output alternator. Dan akhirnya baterai menggembung bahkan meledak. Dan ledakan tersebutlah yang akan membahayakan pengendara yang menggunakan mobil tersebut.

Berikut ini adalah cara charger Hp di mobil dengan aman dari bahaya tersebut.

  1. Pilihlah baterai dengan kualitas yang baik sesuai dengan standar HP.
  2. Menjauhkan smartphone yang Anda miliki dari benda-benda yang mudah terbakar, contohnya busa, kertas, dan kain.
  3. Stop proses charger handphone apabila charger atau ho tiba-tiba panas.
  4. Hindarkan HP atau smartphone dari terik matahari secara langsung ataupun sumber panas lainnya.
  5. Ingat, jangan pernah menerima panggilan telfon saat handphone sedang sedang di charge.

Selain itu, berikut ini juga ada informasi mengenai cara memperbaiki charger HP yang rusak. Sebelum tahu bagaimana cara memperbaiki charger yang rusak, ada baiknya kita kupas terlebih dahulu apa penyebab charger HP yang rusak. Inilah beberapa penyebab kerusakan pada charger :

  • Salah memasang baterai
  • Kabel yang terkelupas atau rusak
  • Baterai yang digunakan sudah tidak asli
  • Port yang sudah berkarat atau kotor
  • Pin atau plat yang miring atau patah
  1. Power Charger Mati dan Hidup

Power charger HP yang mati lalu hidup ketika digunakan biasanya terdapat kabel yang putus di dalamnya. Kabel yang putus disebabkan karena terjadi kesalahan ketika menggulung kabel. Sebaiknya ganti dengan kabel yang baru atau sambung kembali kabel yang putus.

  1. Charger yang Mati Total

Biasanya sering terjadi ketika mencolokkan charger ke listrik tetapi tidak dayanya tidak mengisi. Selain itu charger yang mati total juga bisa disebabkan karena listrik yang mengalir terhambat jadi waktu untuk mengisi daya lambat. Cara mengatasi charger yang mati total yaitu sebagai berikut:

  • Periksalah slot plus minus baterai menggunakan multimeter.
  • Tukarlah kabel charger dengan kabel charger lain untuk mengetahui letak kerusakan. Apabila kabelnya rusak, sebaiknya ganti dengan kabel baru. Akan tetapi jika yang mengalami kerusakan adalah bagian adapter, bongkar dan ceklah bagian komponennya satu per satu. Namun apabila adalah bagian portnya, sebaiknya perbaiki dengan cara membersihkan port yang kotor menggunakan tusuk gigi.
  1. Charger Tidak Bisa Mengisi Daya

Masalah yang juga sering dialami charger handphone yaitu tidak dapat mengisi daya baterai. Beberapa hal yang dapat membuat charger tidak bisa mengisi daya karena adanya komponen yang rusak.

Charger memang sangat berguna untuk mengisi daya, apalagi ketika keadaan darurat atau mepet. Adanya charger yang terdapat di dalam mobil perlu dijaga dan dirawat supaya terhindar dari hal-hal yang berbahaya. Selain itu penggunaan dari charger juga harus dijaga dan diperhatikan. Dengan begitu Anda akan terhindar dari hal-hal yang berbahaya dan mungkin saja terjadi.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui tentang bahaya dan penyebab charger hp di dalam mobil. Karena kapan bahaya datang kita tidak tahu, karena bahaya bisa diciptakan oleh manusia itu sendiri. Maka dari itu kita perlu hati-hati, demikianlah semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Tips hindari mabuk paling ampuh sebelum dan saat perjalanan.

Panduan pasang aksesoris sensor parkir sendiri dengan mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *