Bahaya Dan Efek Buruk Membawa Muatan Berlebih Bagi Kendaraan

bahaya dan efek buruk membawa muatan berlebih bagi kendaraan - MekanikmitsubishiBahaya dan Efek Buruk Membawa Muatan Berlebih Bagi Kendaraan dan Keselamatan, Yakin Masih Mau Maksain Bawaan?

Mekanikmitsubishi.com – Tidak asing lagi dan sudah menjadi tontonan jalanan sehari-hari jika ada yang membawa banyak muatan pada sebuah kendaraan. Banyak orang yang memakasakan membawa semua barang-barangnya dengan satu kendaraan. Alasannya karena malas jika harus bolak-balik. Sekalian ngirit bensin. Namun, bahaya dan efek buruk membawa muatan berlebih bagi kendaraan juga harus diperhatikan.

Baca juga : Penyebab dan cara mencegah ban kendaraan aus sebelah.

Tidak hanya pada kendaraan roda dua saja, kendaraan roda empat juga sering kita temukan yang melebihi kapasitasnya. Apalagi, sering kita jumpai truk-truk ataupun bus-bus yang membawa barang sampai posisi truk atau busnya miring.

Jangan sekali-kali anda membawa muatan yang berlebih pada kendaraan. Dibawah ini beberapa bahaya dan efek membawa muatan berlebih bagi kendaraan.

  1. Ditindak oleh Polisi

Saat melihat kendaraan yang muatannya melebihi kapasitas, polisi tentu akan menilang atau menindaklanjutinya. Hal ini dikarenakan hal tersebut telah melanggar pasal 307 dan pasal 169 ayat 1 UU lalu lintas. Dalam pasal tersebut menyatakan bahwa ‘ Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor, Angkutan Umum Barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaimana dimaksud dalam pasal 169 ayat 1  dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,-‘. Tidak mau kan tentunya, kalau harus dikurung dipenjara atau denda karena bawaan yang berlebihan?

 

  1. Boros Bensin

Bahaya dan efek membawa muatan berlebih pada kendaraan selanjutnya adalah boros bensin. Mobil yang membawa beban yang berat akan membuat pengendara menginjak pedal gas yang lebih dalam. Alhasil, energi yang dibutuhkan mesin mobil pastinya lebih banyak. Sehingga, bahan bakar yang digunakan juga akan semakin banyak.

 

  1. Bahaya Saat Mobil Berbelok

Saat mobil bermuatan penuh, mobil akan terasa limbung. Apalagi, jika kita menempatkan barang-barang diatas mobil. Hal ini akan membuat mobil mengurangi kemampuan mobil dalam bermanuver. Tentunya, resiko terjadinya kecelakaan akan semakin besar. Apalagi jika jalan yang harus dilewati penuh dengan belokan dan dipinggir jurang.

 

  1. Perjalanan Akan Menjadi Lebih Lama.

Berat mobil yang bertambah akan membuat beban mesin juga bertambah. Bahaya dan efek buruk membawa muatan yang berlebih bagi kendaraan selanjutnya adalah perjalanan yang akan anda tempuh akan menjadi sangat lama. Nah, kalau kelaman dijalan, adanya si pengendara akan ngantuk.  Jadi, anda harus ekstra sabar dan ikhlas jika mobil atau kendaraan anda terus disalip oleh kendaraan lain dan kemungkinan anda harus erring beristirahat karena lelah.

  1. Berkendara Menjadi Tidak Nyaman

 

Kenyamanan berkendara pasti sangatlah dibutuhkan oleh setiap pengendara . Entah itu pengendara sepeda motor ataupun pengendara roda empat. Nah, bahaya dan efek buruk membawa muatan berlebih bagi kendaraan yang terakhir adalah ketidaknyamanan si pengendara. Hal ini berkaitan dengan komponen suspensi. Saat mobil yang anda kendarai mengenai lubang, maka suspensi akan menjadi sulit memantul karena beban yang berlebih. Sehingga, Akan terjadi ketidaknyamanan saat berkendara. Dan yang lebih arahnya lagi, suspensi akan patah karena hal itu.

Demikian artikel yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa resiko dan bahaya yang dapat ditimbulkan akibat muatan kendaraan berlebih bagi kenyamanan dan kendararaan itu sendiri. Pada initinya kita harus bijak memanfaatkan sebuah alat yang memudahkan kita dalam bekerja. Jika kita meenggunakannya sesuai standar yang ditetapkan pastinya akan memberikan dampak baik bagi diri kita. So jangan membawa muatan melebihi batas beban yang ditetapkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Dampak kurangnya tekanan angin pada ban kendaraan terhadap konsumsi BBM.

Batas waktu penggunaan serta pergantian ban paling tepat.

Bolehkan menambah tekanan angin pada ban kendaraan saat muatan berlebih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *