Bagaimana Jika Mobil Diesel Diisi Dengan BBM Jenis Bensin

Bagaimana Jika Mobil Diesel Diisi Dengan BBM Jenis Bensin - MekanikmitsubishiBgaimana Jika Mobil Diesel Diisi Dengan BBM Jenis Bensin, Dan Efek Buruknya.

Mekanikmitsubishi.com – Banyaknya jenis-jenis kendaraan yang muncul di pasaran membuat bahan bakar yang digunakan dari setiap jenis mobil juga berbeda, begitu halnya dengan mobil bermesin diesel yang memang sudah khusus menggunakan mesin pembakaran solar. Namun tidak sedikit orang yang mengetahui akan pentingnya menyesuaikan jenis kendaraan dengan bahan bakar yang digunakan.

Baca juga : Tips dan merawat mobil bermesin diesel paling tepat.

Terlebih lagi jika mobil tersebut digunakan untuk mobil rental, maka tidak semua orang dapat mengetahui dampak negatif yang nantinya akan diperoleh bagi si pemilik mobil. Tidak sedikit orang yang mengabaikan akan pentingnya hal ini, mereka terkadang memaksakan dengan menggunakan bensin. Terkadang ada yang disengaja dikarenakan langkanya BBM jenis solar dan tidak mau mengantri saat pengisian BBM di SPBU.

Tentu hal ini tidaklah benar dan dapat membuat mobil tersebut mengalami kerusakan, hal ini justru lebih berbahaya dan dampak kerusakaannya ketika mobil diesel diisi dengan BBM jenis bensin, dibandingkan mobil berbahan bakar bensin diisi dengan bahan bakar solar. Sebelum kita membahas mengenai beberapa dampak negatif jika mobil bermesin diesel menggunakan BBM jenis bensin,sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu karakter dari mesin diesel.

Mobil diesel tidak memerlukan bahan bakar hig explosive seperti bensin karena telah mempunyai standar bahan bakar tersendiri. Untuk lebih jelasnya berikut dampak yang dapat terjadi jika mobil diesel Anda diisi dengan bensin.

Hal yang Terjadi Jika Mobil Diesel Diisi Bensin

Baca juga : Bahaya jika mobil sering kehabisan BBM.

Mesin Sulit untuk Dinyalakan

Efek awal yang dirasa ketika mobil diesel Anda diisi dengan bensin adalah sulitnya menyalakan mesin mobil tersebut, meskipun dapat menyala namun hal tersebut dikarenakan sisa diesel pada mesin. Setelah itu selanjutnya mesin akan mati secara perlahan. Untuk itu pastikan Anda mengisinya sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Mesin Menjadi Panas Berlebihan

Ketika Anda menggunakan mobil diesel dan diisi dengan bensin maka dapat mengakibatkan mesin mudah panas ( overheating ), hal ini disebabkan karena kompresi bensin yang rendah yaitu sekitar 10:1 dan yang paling membahayakan yaitu nantinya akan mudah terbakar.

Perlu Anda ketahui bahwa mesin diesel mempunyai karakter mesin kompresi yang sangat tinggi yaitu 30:1 untuk itu memerlukan bahan bakar yang lebih kental dan tidak mudah terbakar seperti solar dan biodiesel.

Nozzle Injector Kotor

Pada dasarnya mobil diesel ini memang telah mempunyai bahan bakar khusus namun ketika Anda memaksa diisi bensin atau karena tidak mengetahuinya maka dapat membuat komponen nozzle injector menjadi kotor.

Akibatnya meskipun pedal gas telah diinjak dalam akan tetapi mesin hanya akan meraung-raung tanpa menghasilkan tenaga yang kuat justru hanya brisik di suara dan kecepatan berlarinya pun sangatlah lemah.

Filter Solar Tersumbat

Efek solar tercampur bensin adalah terjadinya penyumbatan pada nozzle ijector, hal ini dikarenaka bensin yang diisikan kedalam mobil diesel akan menyumbat di filter solar. Hasilnya mesin akan mengalami kerusakan ringan seperti tarikan terasa brebet dan berat.

Fuel Pump Rusak

Mobil diesel yang diisi dengan bensin tentu dapat mengakibatkan fuel pump rusak, hal ini dikarenakan jenis bensin sangatlah tidak sesuai dengan spesifikasi pada mesein diesel.

Untuk itu usia fuel pump juga tidak akan panjang dan cepat rusak. Ketika fuel pump sudah terlanjur rusak maka mobil harus menjalani servis besar atau turun mesin. Tentu hal ini sangatlah menguras kantong Anda, untuk itu jangan sekali-kali Anda melangkahi ketentuan.

Suara Mesin Menjadi Kasar

Dampak selanjutnya yang akan dirasakan oleh Anda adalah suara mesin yang menjadi kasar terdengar seperti meraung-raung tak bertenaga. Mengisi kendaraan mobil diesel menggunaakan bensin merupakan sebuah kesalahan, terelebih lagi jika Anda mengisinya kondisi tangki dalam keadaan kosong. Tentu akibatnya tidak hanya suara yang kasar, pastinya Anda akan bolak balik ke bengkel untuk melakukan perawatan berkala.

Baca juga : Penyebab dan cara atasi mesin diesel ngempos tak bertenaga.

Demikian artikel kali ini yang membahas dampak negatif jika mobil jenis diesel lupa diisi BBM jenis bensin. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan jawaban yang memuaskan bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Antara mobil berbahan bakar jenis Solar dengan mobil berbahan bakar jenis bensin lebih bagus mana?

Seberapa buruk efek geber-geber mobil diesel, dan apa penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *