Apakah Penggunaan Oli Gardan Untuk Shockbreaker Menjadi Lebih Empuk?

Suggesti Bahwa Penggunaan Oli Gardan Bikin Shockbeaker Empuk, Mitos Atau Fakta?

Apakah Penggunaan Oli Gardan Untuk Shockbreaker Menjadi Lebih Empuk - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com – Shockbeaker merupakan salah satu komponen yang ada di dalam sepeda motor yang berfungsi untuk meredamkan guncangan. Komponen ini penting untuk dilakukan perawatan dengan mengganti pelumas atau olinya, supaya ketika digunakan tetap empuk.

Untuk mendapatkan performa motor yang seperti semula, minimal penggantian oli untuk shockbeaker adalah pada setiap pemakaian motor dalam jarak 20 ribu KM.

Baca juga : Waktu paling tepat service shockbreaker kendaraan.

Perawatan yang rutin harus dilakukan sebab di dalam shockbeaker akan tersimpan endapan sehingga membuat komponen sepeda motor tersebut kotor dan olinya tidak mampu melumasi dengan baik lagi.

Lebih parah lagi, oli tersebut akan bercampur dengan kotoran sehingga bersifat seperti lumpur. Hal ini akan membuat guncangan dari mesin sepeda motor semakin terasa dan bisa menyebabkan bahaya pada pengendara akibat di sisi kanan dan kiri peredamannya tidak sama.

Namun, dalam penggunaan oli untuk shockbeaker, seringkali orang-orang menggantinya dengan oli gardan. Ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa dengan menggunakan oli gardan maka shockbeaker akan menjadi lebih empuk.

Untuk mengetahui kebenaran sugesti tentang penggunaan oli garden untuk schokbreaker  menjadi leih empuk tersebut ada baiknya Anda mengetahui tentang apa itu oli gardan.

Apa itu oli gardan?

Oli gardan adalah oli yang digunakan untuk motor matic. Fungsi dari oli gardan adalah sebagai pelumas sistem kerja transmisi sehingga dapat berkerja dan berfungsi dengan baik. Ada banyak komponen dalam sistem transmisi yang saling bergesekan satu sama lain, sehingga mengganti oli gardan sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Jika penggantian oli gardan tidak dilakukan secara rutin maka akan terjadi masalah pada komponen transmisi atau aus.

Selain itu, oli gardan juga digunakan pada gardan mobil, atau disebut sebagai oli gardan mobil. Hampir sama fungsinya dengan oli gardan pada motor matic yaitu sebagai peredam getaran dan panas yang dikarenakan gesekan komponen mesin dalam waktu yang lama.

Apakah menggunakan oli gardan pada shockbeaker membuatnya lebih empuk?

Penggunaan oli gardan pada shockbeaker biasanya dilakukan oleh orang-orang untuk mendapatkan suspensi yang lebih empuk. Hal tersebut memang benar adanya. Keuntungan menggunakan oli gardan adalah menjadikan shockbeaker lebih empuk, stabil, dan lebih enak ketika dipakai.

Namun, jangan hanya tertipu dengan performa sementara dari penggunaan oli gardan terhadap shockbeaker. Oli gardan memiliki fungsi, volume dan kekentalan yang berbeda dengan oli shockbeaker. Sehingga hal itu dapat menyebabkan baret pada dinding as dan dapat membuat kebocoran di dalamnya.

Jadi, penggunaan oli gardan untuk shockbeaker sebenarnya tidak disarankan. Mungkin sementara waktu Anda merasa motor Anda menjadi lebih empuk ketika dipakai, akan tetapi pada penggunaan jangka panjang justru akan mengakibatkan kerusakan yang cukup fatal.

Sebaiknya Anda menggunakan oli yang orisinal ataupun oli khusus untuk shockbeaker. Selain lebih awet, harganya pun cukup murah, cukup dengan biaya sekitar 20 ribu rupiah Anda sudah bisa mendapatkan oli khusus untuk shockbeaker.

Jadi, penggunaan oli gardan dapat membuat shockbeaker menjadi lebih empuk adalah hal yang benar. Namun, akibat penggunaan oli yang tidak sesuai dengan fungsinya justru akan menyebabkan kerusakan pada shockbeaker kendaraan Anda.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai benar tidaknya penggunaan oli gardan untuk shockbreaker menjadi lebih empuk. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan mampu memberikan wawasan mengenai dunia otomotif. Terimakasih.

Artikel terkait :

Beberapa penyebab utama shockbreaker mudah bocor yang jarang diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *