Apakah Mobil Matik Mogok Boleh Diderek? Berikut Penjelasannya

bahaya mobil metic diderek saat mogok - mekanikmitsubishiApakah Bahaya Jika Mobil Matik Mogok Diderek?

Mekanikmitsubishi.com РBanyak pertanyaan mengenai apakah mobil matik mogok boleh diderek? Banyak informasi yang hadir dan menyesatkan yang beredar di masyarakat, khususnya kalangan pengendara mobil. Salah satunya yaitu tidak diperbolehkannya mobil diderek atau didorong saat mesin mogok. Informasi ini menjelaskan bahwa mobil bisa mengalami kerusakan, dan apabila dipindahkan ke tempat lain dengan diderek atau didorong dalam keadaan mesin mati.

Baca juga : Cara mengemudi mobil metic agar hemat BBM secara signifikan.

Lantas, apakah mobil matik mogok boleh diderek? Berikut penjelasannya :

Masih banyak pengendara yang cemas dan khawatir ketika tidak menggeser mobilnya saat mogok di jalan, walaupun posisi mobil tidak aman. Seperti yang sudah dilansir dari Astraworld, pada April 2016, kekhawatiran bermula dari pemahaman yakni pelumasan komponen di transmisi matik mengandalkan minyak transmisi otomatis atau cairan hidrolis. Dan cairan hidrolis tersebut akan bersirkulasi saat mesin hidup. Oleh sebab itu, dibutuhkan pompa hidrolik yang baru agar dapat bekerja saat mesin dinyalakan.

Selain apakah mobil matik mogok boleh diderek?. Ada informasi lain yang bisa Anda ketahui. Yaitu mengenai peredaran cairan hidrolis dalam melumasi komponen dalam transmisi yang membutuhkan pompa hidrolik. Akan tetapi bukan berarti transmisi bisa mengalami kerusakan apabila mobil dipindah ke tempat lain dengan mesin dalam keadaan mati. Anda masih bisa memindah mobil dengan aman, tetap mengikuti tiga tips yang ada di bawah ini, yaitu :

Untuk digeser atau didorong dari tengah jalan ke tepi jalan, ataupun tempat yang lebih aman, tidak akan muncul pengaruh apapun terhadap kondisi transmisi matik. Pemindahan mobil dengan diderek, juga tidak akan berpengaruh. Yang penting ketika diderek tidak melewati batas kecepatan serta jarak tempuh yang sudah ditentukan ATPM atau Agen Tunggal Pemegang Merek.

Ketika mobil diderek atau didorong, pastikan juga bahwa posisi tuas transmisi pada posisi N (Netral). Informasi tersebut muncul di masyarakat pengendara mobil bertransmisi matik. Mobil yang menggunakan transmisi matik bisa mengalami kerusakan apabila dipindah dari satu tempat ke tempat yang lain, yaitu dengan cara diderek atau didorong saat mesin dalam keadaan mati. Karena itu, banyak pengendara yang cemas lalu tidak menggeser mobil matic yang dimiliki ketika mengalami mogok di jalan, walaupun saat itu kondisi jalan tidak aman.

Kekhawatiran tersebut muncul dari penjelasan bahwa pelumasan komponen di transmisi matik mengandalkan minyak transmisi otomatis atau cairan hidrolis. Dan cairan hidrolis tersebut akan bersirkulasi saat mesin dinyalakan. Hal ini untuk mensirkulasi cairan tadi, serta dibutuhkan pompa hidrolik supaya bisa bekerja ketika mesin menyala.

Peredaran cairan hidrolis untuk melumasi komponen dalam transmisi membutuhkan pompa hidrolis yang  bekerja ketika mesin hidup. Akan tetapi bukan berarti transmisi bisa mengalami kerusakan apabila mobil dipindah ke tempat lain dalam saat mesin mati, terutama dengan mengikuti poin yang ada berikut ini, yakni :

  1. Untuk sekadar digeser dari tengah jalan ke tepi jalan, tidak akan ada pengaruh apapun terhadap kondisi transmisi matik.
  2. Pemindahan mobil dengan diderek juga tidak berpengaruh sepanjang penderekannya memperhatikan kecepatan serta jarak tempuh yang sudah ditentukan masing-masing ATPM.
  3. Ketika diderek atau didorong, pastikan bahwa posisi tuas transmisi pada posisi N (Netral).

Apabila mobil dibeli di jaringan Astra bisa lebih nyaman dan Astra World bisa membantu memberikan layanan Emergency Roadside Assistance (ERA). Mobil hanya perlu didorong saja, kemudian jika perlu penanganan lebih lanjut bisa langsung dinaikkan oleh mobil towing Astra World lalu dibawa ke bengkel.

Demikianlah yang bisa Anda ketahui mengenai apakah mobil matik mogok boleh diderek? Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Artikel terkait :

Bahaya dan tidaknya menggunakan cairan tambal ban Ajaib untuk kendaraan dan keselamatan pengemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *