Apakah Mobil LCGC Bisa Dipasangi Defogger Kaca Serta Dampaknya?

Apakah Mobil LCGC Bisa Dipasangi Defogger Kaca - MekanikmitsubishiApakah Mobil LCGC Bisa Dipasangi Defogger Kaca? Dan Apa Dampak Buruk Pemasangan Defogger Pada Mobil LCGC

Mekanikmitsubishi.com – Seperti yang kita tahu mobil LCGC yang merupakan singkatan dari Low Cost Green Car. Mobil LCGC ini biasanya disebut sebagai mobil murah ramah lingkungan. Kebijakan tentang mobil LCGC ini banyak mendatangkan pro dan kontra dari berbagai pihak, baik itu dari kalangan masyarakat maupun dari kalangan pemerintah.

Baca juga : Fungsi garis-garis di kaca mobil pada bagian belakang. 

Pihak-pihak yang setuju mengungkapkan bahwa siapapun tidak bisa melarang berbagai pihak yang ingin membeli mobil yang murah, irit dan ramah lingkungan ini karena undang-undangnya sudah jelas.

Adapun pihak yang tidak setuju menyatakan bahwa adanya mobil dengan harga yang murah bisa menambah kemacetan yang terjadi karena jumlah mobil yang beroperasi di jalan raya semakin banyak. Mengingat jalanan dan lahan parkir yang ada semakin sedikit dan tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan.

Selain itu tingkat populasi juga akan bertambah dengan adanya mobil murah. Kita tahu jika tingkat polusi di Indonesia juga sudah tergolong tinggi serta sudah mengkhawatirkan, pencemaran lingkungan salah satu yang berdampak bagi kesehatan. Dengan adanya mobil ramah lingkungan ini kita juga harus mengimbanginya dengan penanaman pohon di sekitar jalanan agar kualitas udara yang buruk bisa diminimalisir.

Kelebihan Mobil LGCG

Ada dua kelebihan dari mobil LCGC ini, yakni harganya yang murah dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Adapun kekurangan dari mobil LCGC ini adalah power atau tenaga yang dihasilkan lebih kecil, kapasitas mobil juga lebih kecil karena dibuat hanya dengan daya tampung maksimal 5 orang.

Mobil LCGC ini juga memiliki bobot yang ringan, sehingga membuat mobil ini mudah oleng jika dikendarai dengan kecepatan yang cukup tinggi. Ataupun ketika berpapasan dengan truk atau mobil yang berukuran cukup besar.

Fungsi Defogger Kaca Pada Kendaraan Mobil

Baca juga : 5 merek kaca film paling top dan laris di tanah air.

Karena mobil LCGC ini tidak dilengkapi dengan defogger kaca, maka banyak pengguna mobil ini yang menambahkan fitur defogger kaca untuk mobil LCGCnya. Bagi sebagian orang yang belum terbiasa dengan komponen mobil mungkin masih bingung apa itu defogger dan apa pula fungsinya.

Tombol defogger sendiri biasanya terletak di dekat stir mobil. Logo pada tombol bergambar embun. Adapun kegunaan dari defogger pada mobil ini sangatlah penting, apalagi ketika pada saat sedang hujan.

Fungsi dari defogger kaca adalah untuk memberikan energi panas ke kaca mobil yang terkena kabut, sehingga kaca menjadi bersih. Adanya fitur defogger membuat kenyamanan serta keamanan berkendara, pandangan Anda tidak terganggu dan tentu saja menambah kepercayaan diri saat berkendara.

Defogger Bisa Mempengaruhi Fungsi Komponen

Yang menjadi pertanyaannya adalah apakah mobil LCGC ini bisa dipasangi defogger kaca? Apakah nantinya tidak mempengaruhi fungsi komponen mobil lainnya Dan dampak pemasangan defogger pada mobil LCGC?

Sebenarnya mobil LCGC ini tidak dibekali dengan fitur defogger kaca karena untuk memperkecil biaya produksinya.  Untuk para pengguna mobil LCGC ini sangat mungkin mobil bisa ditambahkan fitur defogger kaca, tetapi tidak disarankan karena dapat mempengaruhi kerja sistem kelistrikan mobil.

Penggunaan aksesoris pada komponen mobil yang bersifat elektrikal seperti, pemasangan fitur defogger kaca secara sebisanya memiliki resiko yang besar.

Jual Defogger Mobil

Selain itu penambahan fitur defogger kaca juga membuat garansi mobil LCGC jadi tidak berlaku lagi dan memiliki banyak efek samping. Kecuali jika pemasangan fitur defogger kaca dilakukan di bengkel yang resmi.

Tetapi biasanya bengkel resmi tidak menyediakannya, produk aftermarketnya juga tidak ada. Sangat jarang bengkel resmi yang menyediakan fitur defogger ini. Kita harus memilihnya dengan cermat dimana tempat bengkel resmi yang baik untuk pemasangan fitur defogger ini.

Jika kita ingin menambahkan fitur defogger ini, ada banyak perubahan yang perlu dilakukan meliputi cara pemasangan sampai sistem kelistrikan fitur defoggernya. Meskipun kacanya sama tetapi proses menempelnya tidak seperti stiker. Ada proses tertentu yang harus dilakukan agar rambatan panasnya bekerja secara maksimal.

Baca juga : Apakah kaca mobil butuh perhatian dan perawatan khusus?

Demikian ulasan kali ini yang membahas mengenai kelebihan dan kekurangan mobil LCGC, fungsi defogger serta bisa tidaknya pemasangan defogger pada mobil LCGC dan dampak negatifnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan sebagai bahan pertimbangan bagi pembaca sebelum menentukan mobilnya untuk dipasang defogger atau tidak. Terimakasih.

Artikel terkait :

Apa penyebab Kaca mobil mudah berembun serta tips dan langkah mudah menghilangkannya.

Cara ampuh menghilangkan jamur pada kaca mobil hanya dengan batu ijo.

Beberapa peyebab serta tips mudah atasi kaca mobil bergelembung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *