Apakah Kaca Film Mobil Butuh Perawatan Khusus? Dan Tips Merawatnya

Apakah Kaca Film Mobil Butuh Perawatan Khusus Dan Tips Mudah Merawatnya - MekanikmitsubishiApakah Kaca Film Mobil Butuh Perawatan Khusus? Dan Bgaimana Tips Merawatnya Dengan Mudah Dan Aman

Mekanikmitsubishi.com – Dalam sebuah mobil, biasanya terpasang beberapa komponen external yang memberikan kenyamanan, kenyamanan, dan keselamatan salah satunya adanya aksesori mobil berupa kaca film. Biasanya untuk mobil baru terkhusus keluarkan saat ini sudah dilengkapi dengan kaca film. Baik mobil kelas bawah sampai menengah keatas, penggunaan kaca film sudah umum digunaakan dan sudah termasuk standar dari kenyamanan.

Baca juga : Ciri-ciri dan tips mudah membedakan kaca film asli dengan yang imitasi.

Kenapa kaca film mobil perlu diterapkan dan digunakan? karena penggunaan kaca film ini dinilai akan sangat bermanfaat seperi bisa membuat kabin mobil tetap sejuk dan nyaman, belum lagi kelebihan penggunaan kaca film mobil dari segi kenyamanan, keselamatan serta membuat tampilan mobil lebih apik dan tidak membosankan. Apalagi jika ditambah dengan perawatan yang baik dan rutin, maka kaca film mobil ini akan sangat banyak memberikan manfaatnya seperti memberikan kenyamanan mata, bahkan sampai bisa untuk menghemat konsumsi bahan bakar minyak.

Penjelasan mengapa kaca film mobil bisa berpengaruh terhadap konsumsi BBM kendaraan :

Beberapa larangan yang sering kita lakukan sesaat setelah kita memasang kaca film mobil dan penjelasannya.

Kopresor AC akan terus bekerja keras saat cuaca diluar panas dan otomatis temperatur ruangan kabin mobil juga naik ( panas ) karena terkena dampak terik sinar matahari, apalagi saat mobil sedang berjalan jauh. Ini akan membuat bahan bakar jadi boros dan kurang efisien, maka dari itu adanya peran kaca film mobil yang bisa membuat mobil lebih hemat bahan bakar, karena secara ilmiyah kaca film ini akan sangat berguna untuk bisa menghemat bahan bakar mobil. Suhu kabin mobil Anda akan jadi lebih sejuk jika menggunakan kaca film mobil. Kaca film akan memantulkan terik panas cahaya matahari yang akan masuk kekabin. #

Dan dengan suhu mobil yang lebih sejuk serta stabil, maka Anda tidak perlu menggunakan AC terlalu lama atau setting AC terlalu dingin. Sudah pasti jika tanpa adanya kaca film mobil, Anda akan menggunakan AC dengan suhu 20-22 derajat celcius. Tapi jika Anda menggunakan kaca fim maka suhu bisa dinaikkan menjadi 24-26 derajat karena itu sudah membuat mobil terasa sejuk, bahkan tidak perlu menyalakan AC sama sekali jika cuaca tidak begitu panas. Mengenai poin-pion diatas ada beberapa celetukan, perlukah adanya perawatan kaca film mobil? Apa saja manfaatnya dan bagaimana tips mudah dan simpel mengenai perawatan kaca film mobil yang benar tanpa menimbulkan dampak negatif /  merusak kaca mobil? Perawatan kaca film mobil sangat perlu untuk menjaga kualitas dan paling penting mencegah jamur dan kontoran yang susah dihilangkan jika sudah lama menempel.

Berikut ini Beberapa tips jitu merawat kaca film mobil agar kaca film mobil tetap mulus dan terhidar dari jamur :

Baca juga : 5 merek kaca film paling joss dan terlaris di tanah air kita.

Menggunakan Sampo Bayi

Dalam penerapannya, kaca film mobil tidak memerlukan perawatan khusus. Karena Anda hanya perlu untuk sesekali menyekanya dengan lap yang lembut atau kanebo. Akan lebih maximal lagi jika menggunakan cairan khusus pembersih kaca, atau bisa juga dengan mamakai sampo bayi. Cara ini dirasa lebih murah serta mudah dan tentunya tidak berbahaya karena kandungan yang ada pada sampo bayi tidak akan merusak lapisan kaca film mobil.

Dengan kelebihan atau fungsi lain pemakaian dengan perawatan kaca film yakni untuk membantu menahan panas sinar matahari yang masuk ke dalam kabin lewat kaca mobil secara maximal dan mencegah jamur. Maka kaca kaca film mobil ini memang perlu untuk dirawat agar awet.

Bersihkan dengan Lap Khusus

Anda juga bisa membersihkan kaca film mobil dengan lap khusus. Untuk bagian luar mobil, Anda bersihkan dengan lap khusus pada bagian dalam lapisan kaca film. Sehingga akan mengurangi resiko kaca film tergores atau baret-baret. Di luar itu sangat dianjurkan pemakaian lap kaca dengan bahan yang halus dan lembut, sehingga akan mudah menyerap cairan.

Catatan penting peerawatan kaca film mobil : Sebaiknya jaga kaca film agar tetap kering. Karena kaca film memang rentan terkena air baik saat Anda sedang mencuci atau saat terkena hujan. Penyebabnya kaca film mobil harus selaku kering adalah adanya air yang tergenang pada sudut-sudut tertentu lambat laun akan merembes lewat karet jendela, dan dampak lainya yakni embun akan sering keluar saat terjadi perbedaan suhu yang tinggi antara di dalam dan di luar mobil.

Saat kaca film mobil basah, sebaiknya Anda segera membersihkannya dan mengelapnya. Anda tidak boleh membiarkan embun kering dengan sendirinya. Karena jika terlalu lama basah maka air yang kering dengan sendirinya, akan rentan tumbuhnya jamur yang tumbuh di kaca film.

Baca juga : Tips membersihkan kaca mobil yang sering terkena air hujan agar tak tumbuh jamur.

Hindari Bahan Kimia

Jangan membersihkan kaca film mobil dengan bahan kimia keras. Karena saat ini ada sangat banyak cairan yang mengandung bahan kimia untuk membersihkan kaca film. Memang boleh saja, asal jangan terlalu sering. karena kandungan kimia yag keras dan digunakan dalam rentan waktu pendek dan sering kemungkinan bisa membuat kinerja kaca film jadi terganggu dan tidak bisa meredam panas dari sinar matahari secara maksimal.

Anda juga bisa membersihkan karet yang ada di sela jendela mobil Anda, karena kotoran yang terdapat di sela-sela kaca jendela ini juga bisa menggores kaca film saat Anda menaikan dan menurunkan kaca jendela mobil. Hal inilah yang biasanya menjadi penyebab dari kaca film yang robek atau baret.

Demikian artikel kali ini yang membahas perihal perlunya perawatan kaca film mobil untuk menjaga fungsi utama dari penggunaan kaca film mobil serta tips mudah merawat kaca film yang benar. Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Penyebab dan tips ampuh atasi kaca mobil bergelembung-gelembung.

Cara kerja defogger dan fungsi dari garis-garis pada kaca belakang mobil, banyak yang tak tahu.

Manfaaat bintik-bintik pada tepi kaca mobil yang harus Anda ketahui.

Langkah paling mudah hilangkan bunyi berdecit kaca mobil.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *