Apakah Bahaya Mencampur Premium Dan Pertamax?

apa-bahaya-mencampur-bbm-premium-dengan-pertamaxJangan Suka Mencampur Premium dan Pertamax, Ini Bahayanya Yang Harus Anda Diketahui.

Mekanikmitsubishi.com– Membeli pertamax dan premium adalah dua hal yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang yang memiliki kendaraan. Karena pertamax dan premium adalah salah satu bahan bakar yang kebanyakan dipakai oleh para pengguna kendaraan.

Baca juga :

Tips dan cara hindari dampak buruk jika tangki BBM jarang diisi penuh paling baik.

Apa saja Efek buruk jika tangki BBM jarang diisi penuh?

Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pembeli adalah dengan mencampurkan bahan bakar premium dan pertamax. Kebanyakan dari mereka menganggap dengan mencampur bahan bakar premium dan pertamax akan memberi efek lebih baik dan lebih ekonomis.

Namun hal ini tidak lah benar. Apakah bahaya mencampur keduanya,inilah bahaya jika Anda mencampur BBM Premium dan Pertamax :

Baca juga : Beberapa masalah serius yang mengintai Anda jika mobil jarang dipakai dan dipanaskan.

  • Perbedaan oktan dan zat aditif

Bahaya mencampur Premium dan Pertamax karena perbedaan oktan dan zat aditif yang berbeda dari kedua bahan bakar tersebut akan menyebabkan performa yang berada dalam masing-masing bahan bakar akan menurun.

  • Mesin yang berkarat

Selain karena dapat menurunkan performa dari masing-masing bahan bakar, Bahaya mencampur Premium dan Pertamax juga dapat membuat mesin menjadi berkarat. Karena zat aditif dalam pertamax yang dapat mencegah kerak pada mesin akan terkontaminasi dengan bahan premium yang tidak memiliki zat yang mencegah karena karat.

Kandungan dari pertamax adalah dapat membersihkan ruang bakar. Zat ini akan semakin maksimal bila anda menggunakan bahan bakar yang sama dan tidak berganti-ganti dengan bahan bakar premium. Ini akan membuat mesin menjadi cepat rusak karena berbagai bahan yang tercampur dan merusak mesin.

  • Bahaya logam

Bahaya mencampur Premium dan Pertamax yang selanjutnya adalah bahaya logam yang dihasilkan oleh masing-masing zat aditif. Karena unsur logam yang dihasilkan oleh bahan bakar premium akan berkontaminasi dengan bahan bakar pertamax akan membahayakan berbagai mesin. Bahkan akan membuat lubang injektor menjadi tersumbat dan akan memunculkan kerat yang berada dalam ruang bakar apabila percampuran ini dilakukan dalam waktu yang lama.

  • Penumpukan karbon pada kendaraan roda dua

Mencampurkan bahan bakar pertamax dan premium bisa mengakibatkan berbagai macam bahaya yang timbul pada mesin. Bahaya mencampur Premium dan Pertamax pada kendaraan roda dua hanya akan menimbulkan tumpukan karbon pada mesin. Penumpukan karbon ini akan menjalar pada busi dan akan menimbulkan masalah lain yaitu mesin yang susah dihidupkan. Padahal bila dilihat lebih lanjut, busi sebenarnya bisa membersihkan diri selama kendaraan berada di atas 5000 rpm atau bisa dikatakan mesin berada dalam performa yang tinggi.

Bahan bakar premium adalah bahan bakar yang tidak mengandung campuran apapun. Sedangkan bahan bakar pertakmax adalah bahan bakar yang memiliki oktan yang tinggi dan memiliki zat aditif yang baik pula.

Bila anda mencampur bahan bakar premium dan bahan bakar pertamax ini dicampur hanya karena anda ingin mendapatkan oktan yang diinginkan, namun berbeda dengan hal ini.

Bahaya mencampur Premium dan Pertamax adalah bisa menimbulkan kerak yang berada dalam mesin yang tidak bisa dibersihkan. Ini karena zat aditif yang berada dalam mesin pertamax yang bisa membersihkan kerat dari ruang mesin tidak bisa dibersihkan lantaran sudah terkontaminasi dengan bahan bakar premium yang tidak memiliki zat aditif.

  • Kerusakan mesin

Zat aditif ini baru akan terasa manfaatnya ketika anda sudah memakai pertamax dalam jangka waktu yang lama. Ini disebabkan karena zat aditif yang berada dalam pertamax bisa didapatkan manfaatnya ketika mesin telah lama dan terbiasa menggunakannya. Berbeda dengan premium, mesin akan terasa berubah ketika baru menggunakannya.

Mesin akan cepat mengalami karat saat penggunaan mesin baru mencapai dua atau bahkan tiga tahun pemakaian. Selain karat pada mesin akan menimbulkan berbagai masalah baru pada mesin seperti kotornya busi da bermasalahnya saluran bahan bakar.

Nah itulah tadi beberapa akibat bahayanya mencampur Premium dan Pertamax. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Contoh,Pengertian,dan Sumber Energi Biomassa.

Kelebihan dan kekurangan Biodiesel / Biosolar yang wajib dipahami.

Cara kerja mobil bertenaga surya dan kelebihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *