Apa Penyebab Setir Mobil Mendadak Berat? Dan Solusi Terbaiknya.

apa-penyebab-setir-mobil-mendadak-berat-dan-solusi-terbaiknya-mekanikmitsubishiSetir Mobil Tiba-Tiba Berat? Berikut Penyebab Dan Solusi Yang Harus Anda Ketahui.

Mekanikmitsubishi.com – Setir mobil, mendengar namanya yang pasti bayangkan pertama kali adalah sebuah benda berbentuk lingkaran yang digunakan untuk mengendalikan atau mengarahkan mobil saat sedang melaju baik maju ataupun mundur.

Baca juga : Cara mudah mengganti oli power stering kendaraan roda empat.

Setir mobil yang kelihatanya sepele dalam bentuknya diketahui memiliki peranan yang hebat. Bayangkan saja jika mobil tidak menggunakan setir. Bagaimana kira-kira anda dapat mengendalikan arah mobil ketika sedang melaju. Tentu sulit bukan? Atau bahkan bisa jadi hal mustahil jika yang dikendalikan adalah truk barang.

Tentu saja karena fungsinya yang begitu penting, setir mobil juga sangat mudah bermasalah. Bahkan bisa jadi masalah tersebut terjadi dengan tiba-tiba, seperti setir mobil mendadak saja menjadi berat, sehingga susah dikendalikan. Nah maka dari itu akan anda bahas kira-kira apa saja yang membuat setir mobil menjadi berat dan beberapa solusi yang sederhana.

Apabila setir mobil tiba-tiba menjadi berat, cobalah lakukan beberapa pemeriksaan berikut.

Baca juga :

5 cara terbaik membedakan oli asli dengan oli palsu dengan cepat,dan super akurat.

Cek oli gardan mobil,kegunaan,perbedaan dan cara mengganti dengan baik dan benar.

  1. Periksa Tekanan Angin Pada Roda Atau Ban

Tekanan angin yang kurang, akan membuat lingkar kemudi atau setir mobil tiba-tiba menjadi berat. Hal ini sama seperti kasus ban botak yang membuat ban atau roda menjadi tidak sempurna dalam bergesekan dengan jalan. Kejadian seperti ini akan sangat terasa apabila ban atau roda dalam kondisi kurangnya tekanan angin dalam waktu yang relatif berdekatan.

Solusi untuk masalah ini adalah, lakukan pemeriksaan tekanan angin secara rutin agar anda bisa lebih nyaman dalam berkendara. Usahakan untuk terus membawa pompa ban agar ketika masalah ini terjadi di tengah jalan, anda bisa segera memperbaikinya dengan cepat.

 

  1. Rusaknya Sistem Steering

Selain kurangnya tekanan angin pada roda atau ban, rusaknya power steering juga bisa menjadikan setir mobil tiba-tiba menjadi berat. Pada mobil non elektrik, power steering merupakan faktor yang pertama kali patut di curigai, namun pada mobil elektronik, yang justru jadi kecurigaan adalah pompanya. Boleh jadi jika pompanya sudah minta untuk diganti.

Kemungkinan lain yang terjadi adalah kebocoran atau kekurangan pada sistem minyak steering. Minyak steering sendiri berfungsi untuk memberikan tekanan terhadap piston pada rack dan pinion. Jika terjadi kebocoran atau kekurangan minyak, maka yang terjadi adalah tekanan pada piston akan menurun dan membuat setir menjadi berat dan sulit untuk dikendalikan.

Jika ini sampai terjadi dan anda ternyata bukanlah seorang montir, maka satu- satunya cara adalah membawa mobil ke bengkel atau memanggil seorang ahli agar segera memperbaikinya.

 

  1. Periksa Keselarasan Roda Atau Ban

Faktor yang juga dapat menjadi penyebab setir mobil tiba-tiba menjadi berat adalah tidak selarasnya roda antara kanan dan kiri. Jika roda tidak selaras antara bagian kanan dan kiri, maka roda atau ban akan menarik ke salah satu sisi, sehingga kemudi atau setir mobil akan terasa lebih berat dari sebelumnya. Ketidakselarasan ini juga akan berdampak pada kaki-kaki. Andai saja kaki-kaki ini dalam kondisi kurang baik, dampak yang akan terjadi adalah pada lingkar kemudi yang semakin berat. Tentu saja tidak nyaman bila digunakan berkendara. Jika saja ini sampai terjadi, harus anda periksaan pada bengkel karena ini cukup serius.

 

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab setir mobil mendadak menjadi berat dan solusi terbaiknya. Kritik, saran, dan komentar dari anda akan sangat dihargai. Semoga bisa bermanfaat. Terimakasih.

Artiekel terkait :

Penyebab utama tarikan mobil brebet tak bertenaga.

Ini panduan mudah dan benar cara mengganti transmisi mobil manual menjadi matic.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *