Apa Penyebab Body Roll Mobil Dan Cara Mengatasinya

Memahami Istilah Body Roll Mobil Dari Penyebab Sampai Dampaknya

Mekanikmitsubishi.com – Mengendarai mobil memang membuat kita menjadi tahu apa saja istilah-istilah dalam mobil. Dengan mengendarai mobil juga kita menjadi banyak pengalaman. Salah satu istilah yang sering sekali dialami oleh para pengemudi atau penumpang adalah body roll mobil.

Body roll mobil merupakan kondisi dimana body mobil seperti terlempar ke arah luar, terutama ketika mobil bermanuver tajam dan berbelok. Keadaan dimana body roll mobil bukanlah sesuatu yang aneh, khususnya pada kendaraan dengan body serta ground clearance yang cukup tinggi seperti low-MPV. Oleh sebab itu, sangat perlu sekali mengetahui seberapa parahnya tingkat body roll mobil saat memasuki tikungan dengan kecepatan tinggi, bahkan mobil bisa saja terguling.

Baca juga : Tips Mencegah Karat Pada Body Mobil Dengan Mudah Dan Benar.

Biasanya body roll mobil disebabkan oleh ukuran mobil yang tinggi, selain itu juga karena ground clearane yang tinggi bisa meningkatkan kemungkinan body roll. Hal ini bisa diketahui ketika mobil berpindah jalur dengan kecepatan tinggi, body mobil seakan menjadi lambat mengikuti pergerakan perpindahan tersebut, terutama pada body bagian belakang.

Selain itu, suspensi yang telalu lembut dapat menjadi penyebab body roll. Ketika mobil bermanuver dengan kecepatan tinggi, body mobil akan mengalami gaya sentrifugal lalu ditopang oleh suspensi. Saat suspensi terlalu lembut, maka body akan terlempar semakin jauh dari chasis mobil. Inilah yang menjadi alasan mengapa mobil yang mempunyai mesin dengan kecepatan tinggi didesain dengan suspensi yang rigid.

Keadaan mobil yang mempunyai body roll terbilang parah atau limbung, dan hal ini akan mengurangi kenyamanan para penumpangnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita melakukan beberapa hal untuk mengatasi atau mengurangi body roll.

Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan mengganti suspensi mobil yang lebih rigid atau keras. Suspensi yang rigid akan mengurangi gejala body roll. Hanya saja akibat prinsip keamanan sulit sekali disejajarkan dengan kenyamanan, maka suspensi akan terasa keras dan akhirnya kenyamanan menjadi berkurang.

Kemudian Anda bisa memasang penguat rangka dan sway bar, stabilizer link atau anti roll bar. Umumnya banyak istilah yang dipakai untuk menyebut benda tersebut. Yang paling mudah diketahui adalah sway bar yang mengikat suspensi belakang mobil bagian kanan dan kiri. Bentuknya yaitu seperti besi melintang di belakang bawah mobil yang diberi warna mencolok orange atau merah.

Sedangkan di dalam ruang mesin Anda dapat memasang strut bar. Seperti layaknya sway bar, strut bar akan mengikat suspensi depan bagian kanan dan juga kiri yang terlihat melintang di ruang mesin.

Ketika Anda mengemudi dan menemukan tikungan, sebaiknya kurangi kecepatan. Hal ini bertujuan agar body roll mobil tidak terjadi, selain itu juga untuk safety atau keamanan. Keamanan dan kenyamanan saat berkendara adalah segalanya, jadi pastikan Anda untuk mengendarai secara aman agar para penumpangnya tidak khawatir.

Demikian ulasan mengenai body roll mobil dan apa saja dampaknya, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Beberapa jenis body mobil dari perbedaraan dan kelebihannya masing-masing.

Kelebihan dan kekurangan casis model monocoque pada mobil.

Biaya yang dibutuhkan untuk pasang boks atas mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *