Apa Pengaruh Busi Pada Performa Mesin Mobil Dan Penjelasannya

apa-pengaruh-busi-pada-performa-mesin-mobil-dan-penjelasannya-mekanikmitsubishiPengaruh Busi Pada Performa Mesin Mobil Dan Penjelasannya.

Mekanikmitsubishi.com – Busi pada kendaraan merupakan komponen pengapian yang berperan dalam proses pembakaran, lokasinya berada di cylinder head baik mobil maupun motor. Busi bekerja dengan memercikkan bunga api guna membakar bahan bakar dan udara.

Sistem pengapian dari busi sangat berpengaruh pada performa mobil juga berpengaruh terhadap kerja mesin lewat tingkatan panasnya. Inilah mengapa elekroda busi perlu dijaga pada suhu kerja 400 derajat hingga 800 derajat celcius. Apabila suhu busi kurang atau lebih dari suhu ideal tersebut maka akan mempengaruhi kinerja mesinnya.

Baca juga : Penjelasan efek buruk salah pilih busi yang berakibat fatal bagi mesin kendaraan.

Jika suhu pada busi tidak sampai 400 derajat celcius, maka tidak akan bisa membakar endapan karbon yang berada di permukaan insulator. Karbon tadi akan menurunkan tahanan dengan rumah businya, sehingga tegangan tinggi ke elektroda tengah akan menuju ke massa tanpa meloncat di celah elektroda. Hal ini akan membuat kesalahan pembakaran pada mesin mobil.

Akan tetapi jika suhu elektroda lebih dari 800 derajat celcius, maka akan membuat kotaran oksida meningkat dan menyebabkan elektroda terbakar. Jika suhunya lebih tinggi hingga 950 derajat celcius, maka elektroda busi bisa menjadi sumber panas dapat membakar udara dan bahan bakar dengan tidak melalui bunga api. Sehingga hal tersebut akan menyebabkan terjadinya pre-ignition.

Baca juga : Beberapa penyebab dan ciri-ciri freon ac mobil habis dan solusinya

Apabila terjadi pre-ignition, maka bias mengakibatkan tenaga mesin turun sebab saat pengapian tidak tepat. Bahkan elektroda busi ataupun piston bisa meleleh atau retak akibat pre-ignition tersebut.

Peran busi pada mobil ataupun motor memang sangat penting sekali, sebab apabila busi tidak memercikkan bunga api maka tidak akan terjadi proses pembakaran. Jika busi tidak memercikkan api dengan fokus, maka mobil akan ngadat.

Penyebab bunga api busi tidak fokus adalah karena terdapat kerak di sekitar elektroda busi. Dan hal ini akan menyebabkan percikan bunga api arahnya ke samping dan lebih kecil, sehingga membuat mobil juga ngadat.

Pengaruh busi pada performa mobil biasanya terjadi juga karena busi basah. Busi yang basah akan membuat mesin tidak stationer. Hal ini sering disebut sebagai mesin pincang. Kejadian ini terjadi karena salah satu busi terkena oli mesin dan terbawa ring piston yang telah aus. Walaupun mobil masih tetap hidup karena mobil memiliki beberapa busi, akan tetapi mobil ngadat atau mobil pincang.

Busi yang kerjanya sudah tidak bagus lagi juga bisa mengakibatkan mobil nyendat ketika ditarik gasnya. Apalagi ketika mobil sedang mengendara di tanjakan, maka tenaganya akan berkurang.

Supaya busi bisa bekerja dengan lebih baik lagi, maka gantilah busi mobil Anda dengan kualitas yang lebih baik lagi. Agar performa dari busi itu sendiri juga baik, maka lakukan pengecekan terhadap mesin mobil secara rutin, khususnya busi mobil itu sendiri.

Anda bisa melakukan pembersihan kerak yang menempel pada elektroda busi. Atur kembali ukuran celah busi antara 0,8 hingga 1,0 meter. Apabila kerak yang menempel pada elektroda busi sudah sangat banyak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Mesin yang memiliki operasi dengan kecepatan tinggi, biasanya memiliki kondisi mesin yang panas. Oleh sebab itu,diperlukan busi yang mempunyai tingkat pembuangan panas dari elektroda yang lebih cepat.

Untuk mesin yang seperti ini sebaiknya menggunakan busi dengan tipe dingin. Begitupun sebaliknya, apabila mesin cenderung memiliki sistem operasi dengan kecepatan rendah, maka pertahankan elektroda busi lebih lama serta gunakan busi dengan tipe panas.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai pengaruh busi pada performa mobil. Semoga informasi tersebutbisa bermanfaat.

Artikel terkait :

Cara mudah merawat dan membersihkan busi yang baik dan benar.

Penyebab dan cara mudah atasi mobil sulit distarter.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *