Apa Manfaat Pita Dan Bintik-Bintik Hitam Di Tepi Kaca Mobil

Apa Manfaat Pita Dan Bintik-Bintik Hitam di Tepi Kaca Mobil - MekanikmitsubishiApa Manfaat Dan Fungsi Dari Pita Dan Bintik-Bintik Hitam di Tepi Kaca Mobil?

Mekanikmitsubishi.com – Mungkin Anda seringkali penasaran dengan segala macam aksesoris yang ada di mobil. Setiap bagian di dalam mobil Anda dibuat dengan kegunaan masing-masing. Jika Anda pernah memperhatikan kaca mobil, tentu juga pernah melihat bintik-bintik hitam dan pita hitam yang ada di tepi kaca.

Bintik-bintik hitam biasanya ada disemua kaca mobil. Ada juga sebagian yang berupa pita hitam saja. Bukan hanya untuk aksesoris, bintik hitam tersebut ternyata memiliki fungsi yang sangat penting untuk kaca. Karena ternyata tanpa hal tersebut kaca Anda bisa bermasalah. Fungsi pita dan bintik hitam di tepi kaca mobil adalah untuk menahan kaca agar tidak bergetar saat mobil berjalan.

Baca juga : 5 merek kaca film yang bagus terpercaya dan laris di pasaran.

Lebih jelasnya berikut ini fungsi kaca dan bintik hitam pada kaca mobil :

Penahan Kaca dengan Karet

Baca juga :  Bocoran kelebihan dari kaca film warna silver, tak banyak yang tahu.

Pada awalnya, penahan kaca pada mobil digunakan dengan menggunakan karet agar kaca tetap aman saat berkendara dan tidak lepas dari jendela mobil. Selain itu, karet juga berfungsi agar kaca tidak terkena benturan keras pada jendela yang terbuat dari bahan keras.

Penahan Krom Sebagai Penguat

Karet dianggap tidak tahan dan kurang mumpuni untuk melindungi kaca karena karet masih membuat kaca bergetar saat mobil dikendarai di jalanan tidak rata. Sehingga, produsen mobil membuat inisiatif dengan menambah karet warna chrome sebagai penguat kaca. Cara ini awalnya dilakukan pada tahun 1940-an.

Menggunakan Perekat Mobil

Tahun 1960 penggunaan chrome sudah tidak digunakan lagi, kemudian diganti dengan menggunakan perekat. Tetapi, yang didapatkan dari perekat itu justru merusak estetika pemandangan mobil sehingga cara ini tidak diteruskan dan diganti dengan cara yang lebih baik.

Menutupi Perekat

Karena jika perekat saja yang dipasang di kaca mobil membuat estetika mobil tidak bagus, maka pabrik kaca mobil mengggunkan pita berwarna hitam di sekitar kaca agar kaca bisa lebih terlihat bagus dan bintik hitam tersebut bernama frit band.

Fungsi lain dari bintik hitam atau pita hitam pada kaca mobil adalah sebagai perantara antara pemasangan kaca dan perekat karena tanpa adanya bintik hitam tersebut perekat pada kaca akan sulit menempel.

Selain itu, bintik hitam ini juga berfungsi sebagai pelindung perekat dari sinar matahari langsung yang terpapar ke mobil. Karena, efek buruk tanpa adanya bintik hitam tersebut perekat akan menjadi lebih mudah untuk rusak akibat paparan sinar matahari terus menerus.

Mengurangi Cahaya yang Masuk

Selain dari kegunaan bintik hitam di kaca mobil, kaca film pada mobil juga berfungsi untuk mengurangi paparan sinar matahari secara langsung saat mengendarai mobil. Dengan dilakukan pemasangan ini maka suhu di dalam mobil akan terasa lebih nyaman dan konsisten serta akan membuat kulit tetap terjaga. Hal ini disebabkan karena paparan sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kulit.

Membuat BBM Lebih Irit dan Keamanan Berkendara

Mungkin Anda jarang mendengar kalau kegunaan kaca pada mobil juga bisa mengurangi penggunaan BBM. Hal ini karena penggunaan kaca mobil yang benar akan mengurangi penggunaan BBM yang lebih irit yaitu sekitar 10-20%.

Kaca mobil juga berfungsi sebagai pengaman penumpang dan pengendara saat berkendara. Penggunaannya sangat membantu karena lapisan kaca film bisa meminimalisir pecahan kaca jika terjadi sesuatu yang tidak diinginakan di perjalanan.

Menjaga Privasi Penumpang

Kaca mobil transparan biasanya membuat penumpang merasa risih sehingga menggunakan kaca berjenis film akan sangat membantu menjaga privasi penumpang dan pengendara. Selain itu, kaca film juga sangat berguna mencegah orang lain melihat bagian dalam mobil Anda saat mobil diparkirkan.

 

Demikian artikel kali ini yang membahas secara tuntas beberapa manfaat pita dan bintik-bintik hitam di tepi kaca mobil yang jarang sekali masyarakat paham betul akan fungsinya selain sebagai aksesoris. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Jangan tertipu, Berikut ciri-ciri dan tips membedakan kaca film mobil yang asli dengan yang palsu.

Banyak yang belum tahu, Beberapa larangn setelah memasang kaca film mobil.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *