Apa itu Pertalite dan Keunggulannya

mekanikmitsubishi.comPertalite merupakan bahan bakar minyak yang diproduksi dan diluncurkan oleh Pertamina pada tanggal 24 Juli 2015 yang lalu dengan RON 90 sebagai varian baru gasoline bagi konsumen para pengguna kendaraan bermotor yang menginginkan bahan bakar minyak yang menghasilkan pembakaran yang jauh lebih baik pada mesin kendaraan bermotor jika dibandingkan dengan premium dan dengan harga yang relatif terjangkau (lebih murah dari Pertamax tapi dengan kualitas diatas Premium).

Di kilang minyak, bahan bakar minyak ini dihasilkan dari proses penambahan zat aditif dalam pengolahannya.  Pertalite sangat direkomendasikan untuk jenis kendaraan dengan kompresi antara 9,1 hingga 10,1, terutama bagi kendaraan bermotor yang telah menggunakan tekhnologi  yang setara dengan Catalytic Converters (pengubah katalitik) dan Electronic Fuel Injection (EFI).

Pertalite ini diproduksi untuk menghapus secara bertahap bahan bakar minyak jenis Premium. Diprediksi pada tahun 2017 sudah tidak ada lagi SPBU yang menjual Premium. Hal ini dikarenakan sesuai dengan instruksi Menteri ESDM Sudirman Said yang memberikan tenggat waktu dua tahun kepada PT. Pertamina untuk selambat-lambatnya menghapus premium RON 88.

Ada beberapa keunggulan Pertalite jika dibandingkan dengan Premium. Misalnya untuk 1 liter pemakaian Premium bisa untuk menempuh jarak sejauh 10km, sedangkan 1 liter Pertalite sanggup menempuh jarak sejauh 11,6 km. Dalam hal ini Pertalite terbukti jauh lebih irit jika dibandingkan dengan Premium.

Nah, berikut ini beberapa keunggulan bahan bakar minyak jenis Pertalite jika dibandingkan dengan premium:

  • Pertalite memiliki kadar oktan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Premium dan lebih rendah jika dibandingkan dengan Pertamax. Dengan kadar oktan tersebut, diklaim bagi para konsumen yang menggunakan Pertalite akan menghasilkan pembakaran mesin yang jauh lebih optimal dan maksimal jika dibandingkan penggunaan Premium.
  • Bahan bakar minyak jenis Pertalite ini lebih bersih sehingga bisa dipastikan membuat mesin kendaraan tetap terjaga kebersihannya, lebih awet, dan tidak mudah rusak.
  • Pertalite memiliki kandungan Ron yang ramah lingkungan dan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan premium.
  • Meskipun harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan Premium (Pertalite Rp. 8.400 per liter), tapi kualitas Pertalite lebih baik daripada Premium.

Itulah pengertian dan ulasan singkat tentang Pertalite. Semoga dengan adanya artikel sederhana tersebut di atas bisa membantu Anda memilih dengan cerdas dalam menggunakan jenis bahan bakar minyak yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan, sehingga kendaraan Anda pun tetap prima dan optimal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *