Apa Itu ABS,Sistem Kerja Rem ABS Dan Kelebihannya Dari Non ABS

perbedaan-sistem-pengereman-abs-dengan-non-abs-mekanikmitsubishiSistem Kerja Rem ABS Yang Perlu Anda Ketahui Beserta Kelebihannya Bila Dibandingkan Dengan Pengereman Non ABS.

Mekanikmitsubishi.com – Bagi sebagian orang banyak yang belum tahu tentang apa manfaat dan kegunaan dari sistem kerja ABS ini. Bahkan tidak semua orang bisa mengerti apa yang dimaksud dengan ABS.

Namun bagi anda yang sudah tidak asing dan sudah mengetahui, sistem ABS adalah hal yang tidak hanya dipasang sebagai aksesoris kendaraan saja. Namun sistem ABS ini adalah penunjang dari sistem kerja mesin itu sendiri.

Baca juga : Cara menguras dan mengganti minyak rem berkualitas yang benar.

Lalu sebenarnya apa itu sistem ABS? Bagaimana sistem kerja rem ABS? Ini penjelasannya.

Baca juga :

Kelemahan rem mobil matic dari mobil manual yang perlu diketahui.

Ciri-ciri kampas rem mengalami keausan atau bermasalah dengan mudah.

  • Pengertian ABS

Sistem ABS adalah sistem pengereman yang berada dalam sistem pengereman mobil atau motor yang berguna untuk menghentikan sistem penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak atau tiba-tiba.

ABS adalah kepanjangan dari anti-lock backing sistem ini sekarang lebih banyak dikenal dengan sistem ABS. Bahkan kini, banyak dari perusahaan sepeda motor banyak yang sudah mulai banyak menggunakan sistem ABS ini.

Setelah mengetahui apa maksud dari sistem ABS, berikut mengenai sistem kerja rem ABS yang selanjutnya.

  • Sistem Kerja ABS dalam medan yang licin

Sistem ini sebenarnya adalah hasil adaptasi dari sistem pengeraman yang dilakukan oleh pesawat terbang. Sistem kerja rem ABS akan bekerja bila terjadi sistem pengereman yang mendadak atau yang keras pada mobil atau motor.

Sistem kerja rem ABS bisa anda andalkan bila anda berada dalam medan yang licin atau pada saat hujan. Ketika anda terjebak pada kondisi ini, tentu anda akan merasa sulit ketika anda akan melakukan pengereman. Bahkan terkadang kendaraan anda tetap melaju ketika anda sudah melakukan pengereman.

Hal ini bisa sangat membahayakan karena mobil tetap melaju dan roda sudah berhenti. Ini akan sangat tidak stabil dalam keadaan tersebut. Dan Sistem kerja rem ABS inilah yang bisa anda lakukan. Karena sistem ini membantu mengendalikan mobil anda dalam melakukan pengereman.

  • Menstabilkan kendaraan

Sistem kerja rem ABS ini bahkan sudah lama digunakan oleh para pembalap. Karena pembalap biasanya berada dalam keadaan performa yang tinggi, menstabilkan keadaan kendaraan merupakan hal yang tidak mudah. Dengan bantuan sistem ABS ini lah yang memudahkan dan menstabilkan keadaan kendaraan anda.

Sistem kerja rem ABS sendiri memiliki empat komponen yang saling terkait. Selain sebagai andalan pada sistem pengereman.

  • Sensor kecepatan

Sistem kerja rem ABS yang pertama adalah sensor kecepatan. Sistem ini berguna dalam membaca kecepatan putaran roda. Sistem ABS ini biasanya dipasang dalam setiap roda atau diferensial. Ini tergantung dari masing-masing keluaran pabrik.

  • Katup pengereman

Katup pengereman ini biasanya dikendalikan oleh komputer atau yang biasa disebut sistem komputerisasi. Katup ini dibagi menjadi tiga bagian.

  • Katup posisi satu: dalam posisi ini katup dalam keadaan terbuka penuh. Sehingga tekanan minyak rem dalam keadaan penuh, dan langsung diteruskan ke bagian rem.
  • Katup posisi dua: dalam posisi ini, katup ini akan menutupi tekanan rem sehingga tidak akan diteruskan ke dalam rem walaupun pengemudi menginjak pedal rem.
  • Katup posisi tiga: dalam posisi ini, katup akan menghalangi sebagian tekanan rem, sehingga setengah saja yang diteruskan ke minyak rem, hal ini menyebabkan rem tekanan rem tetap setengah meskipun pengemudi menginjak rem secara penuh.
  • Pompa

Fungsi dari pompa disini adalah mengembalikan tekanan pada rem yang dilepaskan oleh katup rem.

  • Kontroler

Fungsi dari kontroler adalah sebagai otak yang mengendalikan aktifitas katup dan mengontrol sensor kecepatan.

 

Demikian Artikel mengenai sistem kerja rem ABS,dan kelebihan bila dibandingkan dengan non ABS yang bisa anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Apa perbedaan DOHC vs SOHC vs OHV dan kelebihannya.

5 cara bikin awet mesin mobil,tak banyak yang tau tentang ini.

Apa bahaya sering menyemir ban kendaraan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *