Apa Fungsi Dan Penggunaan Lampu Hazard Mobil Yang Benar

Apa Fungsi Dan Penggunaan Lampu Hazard Mobil Yang Benar - MekanikmitsubishiApa Fungsi Sebenarnya Lampu Hazard Mobil Dan Penggunaan Yang Benar

Mekanikmitsubishi.comLampu hazard atau juga disebut dengan lampu tanda darurat merupakan mode fungsi dari lampu eksternal yang ada di mayoritas kendaraan bermotor terutama mobil. Lampu ini bisa diaktifkan untuk membuat lampu sein kiri dan kanan berkedip bersamaan.

Baca juga : Fungsi lampu relay dan pemasangannya yang benar.

Ketika pengemudi menyalakan lampu hazard bertujuan untuk memberitahukan kepada pengendara lain mengenai adanya hal darurat atau pemberitahuan untuk berhati-hati kepada pengemudi serta orang lain yang ada disekitarnya.

Anda bisa mengaktifkan mode lampu hazard ini dengan cara menekan tombol hazard. Tombol hazard ini biasanya atau pada umumnya bergambar segitiga merah dan letaknya adalah di sekitar daerah kemudi. Untuk mengetahui dengan lebih jelas mengenai fungsi dari hazard, simak penjelasannya di bawah ini.

Berikut ini adalah Fungsi lampu hazard yang perlu Anda ketahui :

Baca juga : Tips dan cara membersihkan mika lampu mobil yang baik dan benar serta aman.

Kendaraan Bermasalah dan Ada Situasi Darurat

Lampu ini bisa Anda gunakan jika kendaraan mengalami malfungsi yang menyebabkan kendaraan harus waspada dan berjalan lebih lambat dari keadaan yang seharusnya di lalu lintas normal atau bahkan terpaksa harus berhenti.

Fungsi lain adalah jika terjadi situasi darurat di dalam atau di luar mobil yang memaksa mobil harus melambat, menepi atau berhenti.

Ada Gangguan Atau Hendak Berhenti Mendadak

Tujuan lain penggunaan lampu hazard ini agar bisa menginformasikan kepada kendaraan di belakang atau sekitar Anda tentang adanya gangguan yang terjadi di depan atau sekitar. Misal ada kecelakaan, pemberhentian arus lalu lintas, tanah longsor, ada yang menyebrang dll.

Gunakan lampu hazard saat Anda akan melakukan pengereman atau pemberhentian mendadak di jalan raya. Atau juga saat Anda terpaksa berjalan di luar jalan yang seharusnya dipakai. Lampu hazard ini juga sering dipakai jika pada malam hari lampu belakang atau depan kendaraan Anda tidak menyala.

Berkendara Untuk Tujuan Darurat atau Cuaca Buruk

Penggunaan lampu hazard yang benar lainnya adalah jika Anda mengemudi untuk hal yang sifatnya darurat dan memerlukan perhatian lebih kepada pengemudi lain agar kendaraan Anda jadi prioritas untuk lewat dan lebih waspada. Misal membawa orang yang akan melahirkan, membawa korban kecelakaan dan sebagainya.

Lampu hazard juga dipakai saat Anda berkendara dalam keadaan cuaca buruk seperti badai hujan, kabut tebal, ada topan dll

Kedaraan yang Berjalan Lambat

Jika Anda mengendarai truk atau bus yang berjalan lambat di jalan raya atau toll, maka lampu hazard dipakai agar mendapatkan perhatian lebih oleh kendaraan lain.  Selain itu Lampu hazard juga dipakai saat mobil Anda menderek atau sedang diderek.

Aktifkan juga  lampu hazard saat kendaraan Anda berjalan mundur di jalan raya atau lalu lintas. Yang  tidak kalah penting juga jika kendaraan Anda berpotensi membahayakan kendaraan lain, maka hazard wajib dinyalakan seperti saat ban tidak stabil atau kondisi lainnya.

Saat di Daerah Berbahaya dan Untuk Kendaraan Khusus

Nyalakan lampu hazard jika Anda melintas di daerah berbahaya seperti radiasi nuklir, banjir, lapangan penerbangan, jalan off-road, dsb.

Kendaraan seperti mobil patroli, pemadam kebakaran, polisi/TNI, ambulans, dan kendaraan darurat lainya harus menyalakan lampu hazard saat menjalankan tugas.

Penyalahgunaan lampu hazard dipakai dalam keadaan atau kondisi yang tidak darurat/penting bisa menyebabkan bingung pengemudi di belakangnya dan digunakan saat sedang hujan padahal ini tidak perlu karena lampu sein malah tidak akan berfungsi.

Saat akan berjalan lurus di persimpangan, Anda tidak perlu menyalakan lampu hazard. Begitu juga saat di lorong gelap. Saat jalan raya dalam keadaan berkabut, maka Anda cukup menyalakan lampu kabut (fog lamp) yang berwarna kuning atau bisa juga dengan pakai lampu utama.

Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai apa saja fungsi lampu hazard dan kondisi apa saja yang mewajibkan dan tidaknya menyalakan lampu ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan bisa memberikan penjelasan secara gamblang. Terimakasih.

Artikel terkait :

Penyebab utama sekring mobil mudah putus dan cara penanganan terbaiknya.

Tips menghilangkan kaca mobil berembun dengan mudah dan aman.

Bocoran cara pedagang bikin kabin mobil bekas seperti baru.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *