Apa Fungsi Dan Manfaat Tutup Pentil Dan Macamnya Yang Jarang Diketahui

apa-fungsi-dan-manfaat-tutup-pentil-dan-macamnya-yang-jarang-diketahui-mekanikkmitsubishiApa Fungsi Dan Manfaat Tutup Pentil Yang Jarang Diketahui.

Mekanikmitsubishi.com – Tutup pentil ban yang juga disebut dengan valve cap kerap kali diremehkan. Bentuknya yang kecil dan berada di ban yang kotor kerap membuat orang mengesampingkannya. Akan tetapi yang perlu kalian tahu bahwa meskipun kecil sebaiknya jangan remehkan tutup pentil. Karena fungsi dan manfaat tutup pentil cukup jarang diketahui orang.

Baca juga : Apa perbedaan DOHC vs SOHC vs OHV dan kelebihannya.

Seringkali banyak orang yang di tilang polisi hanya karena masalah tutup pentil. Namun yang perlu diketahui bahwa, meski polisi menilang karena hal sepele namun jauh di sana memiliki tujuan demi keselamatan pengendaranya.

Tutup pentil mempunyai dua fungsi yakni mencegah udara yang ada di ban tidak keluar lewat celah katup pentil. Meskipun pentil rusak, adanya tutup maka kebocoran masih bisa ditahan. Sehingga tidak akan membuat ban tiba-tiba kempes, karena akan sangat berbahaya apabila hal tersebut terjadi.

Fungsi kedua dari tutup pentil yang jarang diketahui orang yaitu bahwa tutup pentil berguna mencegah kotoran masuk. Kotoran ini seperti air, debu, dan lumpur yang bisa saja masuk ke dalam ban.

Tutup pentil juga memiliki beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

Baca juga : Cara kerja GPS dan manfaat GPS untuk traveling.

  • Tutup Pentil Berbahan Plastik Standar Warna Hitam

Tutup pentil jenis ini bisa mengakibatkan getas pada jangka waktu tertentu.

  • Tutup Pentil Berbahan Metal

Tutup pentil yang berbahan metal di dalamnya memiliki sil karet guna menutup rapat lubang masuknya udara di ban.

  • Tutup Pentil Dengan Indikator Tekanan Angin

Tutup pentil yang satu ini jika indikatornya menyala hijau tandanya angin normal. Namun jika warna indikatornya merah, berarti ban sudah tidak aman untuk dikendarai. Dan apabila indikatornya berubah warna menjadi kuning berarti tekanan angin telah berkurang.

  • Tutup Pentil dengan Fungsi Dekoratif

Tutup pentil dengan fungsi dekoratif memiliki tujuan untuk mempercantik ban pada kendaraan. Ada yang berbentuk bola basket, tengkorak, dadu, dan lain sebagainya.

Di dalam pentil terdapat komponen kecil yaitu sil berbahan karet, per, dan penonjok. Komponen inilah yang harus dilindungi oleh penutup pentil guna keamanan. Cara kerja pentil adalah mengatur keluar masuknya angin melewati penonjok pentil yang ditekan. Apabila telah dilakukan, maka angin akan keluar masuk dengan mudah. Akan tetapi jika penutup pentil diabaikan maka udaranya  bisa keluar dengan tiba-tiba. Jika dalam keadaan tersebut kendaraan melewati jalan yang berbatu, maka ban akan kempes.

Jika hal tersebut terjadi maka tarikan kendaraan, khususnya pada sepeda motor akan berat, sehingga menyebabkan konsumsi BBM yang cukup boros. Yang lebih berbahaya lagi jika ban kempes tiba-tiba karena tidak stabil sehingga sulit untuk dikendalikan.

Apabila hal seperti ini dibiarkan terlalu lama maka bisa menimbulkan korosi dan membuat katup bocor. Selain itu juga bisa menyebabkan sil karet menjadi getas. Setelah itu maka pentil akan rusak serta menyebabkan kebocoran halus.

Karena tutup pentil sangat penting dalam kaitannya keamanan di kendaraan, maka perlu sekali diperhatikan untuk bagian kendaraan yang satu ini. Yang perlu diketahui juga bahwa carilah tutup pentil yang pas dengan lubang ketika tutup pentil hilang.

Tutup pentil memang sangat berpengaruh sekali terhadap kendaraan itu sendiri. Maka dari itu, kendaraan perlu cek atau diperiksa supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa banyak fungsi serta manfaat tutup pentil yang jarang diketahui orang. Karena itu, tutup pentil ini tidak boleh disepelekan keberadaannya. Perlu untuk dicek dan diawasi meski kelihatannya sepele.

Demikianlah informasi yang bisa Anda ketahui Beberapa jenis pentil serta mengenai fungsi dan manfaat tutup pentil yang mungkin jarang diketahui orang. Semoga bisa bermanfaat.

Penyebab aki tekor dan tips menjemper aki mobil dengan mudah.

Tips mengatasi kopling mobil mudah selip.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *