Apa Bedanya Tenaga dan Torsi Mesin Kendaraan? Berikut Penjelasannya

mekanikmitsubishi-ini-bedanya-tenaga-dan-torsi-mesin-kendaraanIni Bedanya Tenaga dan Torsi Mesin Kendaraan Yang Jarang Diketahui.

Mekanikmitsubishi.com –  Sebuah mobil mewah dan ideal pasti tak lepas dari spesifikasi mesinnya yang sempurna. Dalam mesin ini, tak hanya tipe mesin yang diperhatikan, namun tenaga dan torsi mesin kendaraan juga wajib untuk diperhatikan.

Kapasitas tenang dan torsi mesin kendaraan ini wajib ditentukan karena keduanya akan menentukan kenyamanan mobil saat digunakan nantinya. Namun, tak jarang diantar mereka para pengguna mobil yang menganggap tenaga dan torsi mesin kendaraan adalah dua hal yang sama.

Baca juga : Apa faktor paling mempengaruhi tenaga dan performa mesin..?

Padahal, jika diketahui lebih lanjut dua hal ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Untuk tenaga mesin sendiri adalah besar kecepatan yang mampu dihasilkan mesin ketika menempuh jalanan.

Ya, tenaga mobil ini akan ditentukan dari seberapa besar kecepatan yang dapat ditempuh oleh suatu mobil. Jenis mobil yang biasanya memiliki tenaga besar antara lain adalah sedan. Mobil dengan bentuk pipih ini merupakan mobil yang dirancang untuk kecepatan tinggi tanpa muatan yang banyak.

Selain itu, jenis mobil SUV dan Citycar juga biasanya memiliki tenaga yang lebih besar dibanding dengan torsi mesin kendaraan. Beberapa jenis mobil yang memiliki tenaga besar ini biasanya akan sangat nyaman jika digunakan pada jalanan yang sepi (luar kota).

Lalu untuk torsi mesin kendaraan sendiri adalah seberapa berat muatan yang dapat diterima (ditampung) oleh mobil. Dari penjelasan dasar tersebut, sudah jelas bukan jika tenaga dan torsi mesin kendaraan adalah dua hal yang berbeda jauh.

Biasanya semakin besar bentuk atau ukuran mobil, maka torsi mesin kendaraan juga akan lebih besar. Misalnya untuk kendaraan roda 6 (truk), maka sudah pasti akan memiliki torsi mesin kendaraan yang jauh lebih besar dengan kendaraan Citycar.

Selain dari ukurannya, torsi mesin kendaraan juga bisa diidentifikasi dari jenis mobil tersebut. Jenis mobil yang biasanya memiliki torsi mesin kendaraan besar adalah MPV. Mobil yang diprioritaskan sebagai mobil keluarga ini memiliki torsi mesin kendaraan yang besar mengingat penumpang yang dimuat dapat mencapai jumlah besar.

Biasanya mobil yang memiliki torsi mesin kendaraan besar ini sangat nyaman digunakan pada perkotaan yang rawan macet. Karena dalam keadaan macet, anda tak membutuhkan kendaraan dengan tenaga besar melainkan hanya kendaraan dengan torsi dan tingkat pengaturan panas mesin yang baik.

Pada dasarnya pada mesin yang memiliki tipe sama sekalipun bisa saja memiliki tenaga dan torsi mesin kendaraan yang berbeda. Dan hal itu tentu saja dengan kebijakan setiap produser kendaraan yang berbeda-beda pula.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa tenaga dan torsi mesin kendaraan dapat dibedakan karena desain dan jenis mobil. Untuk mobil sport (sedan, Citycar dan lain-lain) memang lebih diprioritaskan memiliki torsi mesin kendaraan yang besar.

Sedangkan untuk jenis mobil setipe MPV dengan desain yang cukup besar biasanya ditekankan pada torsi mesin kendaraan yang lebih besar tanpa mengedepankan kecepatan atau tenaga mesin.

Lalu lebih disarankan untuk memilih mobil dengan tenaga yang besar atau torsi mesin kendaraan yang lebih besar? Kembali kepada kebutuhan anda.

Jika anda membutuhkan mobil atau kendaraan yang memang diprioritaskan untuk mengangkut beban baik orang maupun barang dengan jumlah muatan cukup besar, maka lebih disarankan untuk memilih mobil yang memiliki torsi mesin kendaraan lebih besar.

Sedangkan jika anda menginginkan mobil yang diprioritaskan untuk diri sendiri dan untuk melaju dalam kecepatan tinggi, maka sebaiknya pilih mobil yang memiliki tenaga mesin tinggi.

Yang terpenting adalah, jangan sampai memilih mobil yang tidak memberikan kenyamanan ketika digunakan nantinya.

Artikel terkait :

Tips mudah dan aman bikin irit mobil tanpa oprek mesin.

Bocoran 5 cara bikin mesin mobil awet dan selalu maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *