Apa Akibat Menggunakan Oli Matic Untuk Mesin Manual

akibat-menggunakan-oli-matic-untuk-mesin-manual-mekanikmitsubishiApa akibat Dan Efek Buruk Menggunakan Oli Matic Untuk Mesin Manual..?

Meknaikmitsubishi.com – Memiliki kendaraan bermotor memang mau tidak mau membuat anda harus siap untuk merawatnya. Hal ini tentu saja untuk kendaraan anda sendiri, karena dengan merawatnya maka kendaraan tersebut akan lebih nyaman dikendarai dan selalu dalam keadaan prima.

Salah satu hal yang tidak boleh anda lupakan dalam merawat kendaraan ialah dengan mengganti oli secara rutin. Bukan hanya sekedar mengganti, namun anda juga harus bisa memilih dengan bijak oli seperti apa yang sebaiknya anda gunakan untuk kendaraan, karena oli merupakan salah satu elemen yang sangat penting untuk performa mesin kendaraan.

Baca juga : Penyebab oli cepat habis dan berkurang serta cara mengatasinya.

Saat ini terdapat dua jenis oli yang paling sering didapatkan, yakni oli matic dan oli untuk mesin manual. Sebagian orang mengaku masih sedikit kesulitan untuk membedakan kedua oli tersebut, bahkan ada yang secara sengaja atau tidak menggunakan oli matic untuk mesin manual atau sebaliknya. Yang sering menjadi pertanyaan, berbahayakah jika kendaraan dengan mesin manual menggunakan oli matic?

Agar anda tidak lagi merasa penasaran, berikut beberapa akibat yang bisa ditimbulkan karena menggunakan oli matic untuk mesin manual :

Baca juga : Bahaya dan efek buruk sering telat mengganti oli mesin kendaraan.

  1. Putaran Motor Menjadi Lebih Berat

Yang harus anda ketahui, kopling kendaraan manual memiliki karakteristik lebih basah daripada kopling kendaraan matic karena memang sudah terendam oli, sehingga tidak membutuhkan oli yang terlalu licin untuk membuat putaran kendaraan menjadi stabil. Jika menggunakan oli matic, maka putaran kendaraan malah  akan menjadi semakin  berat karena terlalu basah dan licin.

Hal inilah yang sangat mendasari mengapa sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan oli matic pada kendaraan mesin manual. Mungkin di awal penggunaan oli ini masih belum memberikan dampak yang terlalu besar, namun jika terus dilakukan maka anda sendirilah yang akan menanggung akibatnya yaitu lebih mudahnya kendaraan anda menjadi bermasalah.

  1. Terjadi Selip

Setelah putaran kendaraan menjadi terasa lebih berat, masih ada lagi akibat  lain yang lebih merugikan jika anda terus-menerus menggunakan oli matic padahal kendaraan anda bermesin manual yakni terjadinya selip. Selip ini merupakan keadaan dimana ketika kendaraan digas namun kendaraan anda tidak mau berjalan, hanya mengeluarkan suara yang lebih keras saja.

Karena masih sangat jarang orang yang mengetahui hal ini, ketika keadaan seperti ini terjadi mereka sudah langsung merasa panik dan berpikiran bahwa mesin kendaraan mengalami kerusakan  karena alasan yang terlalu besar, padahal alasannya hanya karena salah dalam memilih oli. Jadi apakah masih mau sembarangan dalam memilih oli?

  1. Kenyamanan Berkendara Menjadi Terganggu

Dan hal terakhir yang akan langsung anda rasakan ialah berkurangnya atau hilangnya rasa nyaman dan aman anda ketika sedang  berkendara. Yap, kondisi kendaraan memang akan sangat ditentukan oleh kendaran itu sendiri. Jika sedang dalam keadaan baik maka anda sebagai pengemudi akan merasa nyaman, begitu juga dengan keadaan sebaliknya.

Bahkan hal ini juga akan sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari anda, karena kendaraan menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam melaksanakan semua kewajiban dan menyelesaikan  kepentingan anda.

Karena ketiga akibat yang tidak mengenakan tadi, sudah seharusnya anda bisa membedakan oli matic dan oli manual.  Hal ini tidak sulit dilakukan karena produsen oli telah memberikan kodenya sendiri, yakni kode MA untuk motor manual sedangkan kode MB untuk motor matic. Cukup mudah dimengerti bukan? Atau cara yang paling mudah ialah dengan membawa kendaraan anda ke bengkel yang sudah terpercaya ketika hendak mengganti oli.

Demikian artikel mengenai bahaya salah menggunakan type oli matic atau manual. semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Cara mengganti oli mesin mobil yang baik dan benar yang sering disepelekan.

Cara mudah membedakan oli mesin asli dengan oli palsu secara akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *