Alasan Penting Memeriksa Tekanan Angin Pada Ban Secara Rutin

pentingnya-mengecek-tekanan-angin-ban-secara-rutinInilah 5 Alasan Tekanan Angin Pada Ban Yang Harus Rutin Diperiksa Agar Terhindar Dari Resiko Kecelakaan.

Mekanikmitsubishi.com – Kurangnya tekanan angin pada ban ternyata bisa membahayakan dan tentu saja membuat pengendara tidak nyaman. Hal itu yang terkadang diremehkan, menurut sebagian pemilik kendaraan bahwa memeriksa rutin tekanan angin pada ban tidak penting.

Baca juga : Cara merawat ban tubeless dengan mudah dan benar.

Kurangnya tekanan angin pada ban bisa menyebabkan kecelakaan. Selain itu ban tidak akan awet jika ban sering kurang tekanan angin. Setidaknya ada alasan kenapa tekanan angin pada ban harus rutin diperiksa.

Untuk pengecekan rutin pada tekanan angin ban anda bisa melakukanya sebulan sekali. Karena tekanan angin yang ada pada ban mobil ini sering berubah yang disebabkan oleh kondisi cuaca dan suhu udara.

Dua hal tersebut menjadi faktor utama yang menjadi alasan untuk rutin memeriksa keadaan ban kendaraan anda. Berikut ini ada beberapa alasan tekanan angin pada ban yang wajib rutin diperiksa :

  1. Membantu mempertahankan ketepatan berkendara

Alasan mengapa anda harus rutin periksa tekanan angin pada ban adalah karena tekanan angin pada ban bisa membantu mempertahankan dengan tepat dan nyaman cara berkendaranya.  Dengan lingkungan dan kondisi jalan yang selalu berubah membuat anda harus sering mengecek atau memeriksa kondisi ban mobil anda.

Tujuan dari pemeriksaan ban dengan rutin adalah agar tetap terjaga kenyamananya ketika anda berkendara. Itulah yang menjadi salah satu dari alasan tekanan angin pada ban wajib rutin diperiksa yang harus anda perhatikan.

  1. Perubahan tekanan angin pada ban

Perubahan suhu udara dan kondisi cuaca menjadi penyebab tekanan angin pada ban berubah-ubah. Tekanan angin pada ban bisa berubah karena ban terbuat dan karet ketika mobil terparkir di tempat yang panas.

Hal inilah yang menjadi alasan tekanan angin pada ban wajib rutin diperiksa agar anda bisa mengetahui kondisi ban mobil apakah tekanan angin berkurang atau tidak.

  1. Membahayakan jika tidak tepat tekanan anginya

Alasan tekanan angin pada ban yang wajib rutin diperiksa selanjutnya adalah bisa membahayakan jika tekanan angin yang ada pada ban berkurang atau berlebihan. Jika terlalu berlebihan pun bisa membuat ban pecah ketika ban berada dalam suhu udara yang terlalu panas. Disamping itu, berkurangnya tekanan angin pada ban mobil juga bisa membuat mobil oleng ketika mobil berjalan di tengah kondisi dengan suhu yang dingin dan dengan kecepatan yang terlalu cepat.

  1. Menghemat bahan bakar

Alasan tekanan angin pada ban yang wajib rutin diperiksa selanjutnya adalah menghemat bahan bakar. Mengapa? Karena pada saat tekanan angin pada ban berkurang, permukaan tapak ban menjadi lebar. Hal ini yang membuat permukaan ban akan semakin banyak mengalami gesekan dengan jalan. Gesekan yang terlalu banyak itulah yang mengakibatkan mobil harus mengeluarkan tenaga yang lebih ekstra untuk dapat mendorong mobil. Borosnya bahan bakar bisa terjadi jika beban kerja kendaraan atau mobil semakin berat.

Baca juga : Dampak kurangnya tekanan angin pada kendaraan terhadap konsumsi BBM.

  1. Mempermudah mengontrol kemudi

Kemudi akan lebih berat jika tekanan angin pada mobil berkurang. Disamping itu, tidak samanya tekanan antara ban kanan dan kiri bisa mengakibatkan stir atau kemudi susah dikendalikan. Karena alasan tekanan angin pada ban wajib rutin diperiksa inilah yang harus anda perhatikan agar anda bisa nyaman dalam menyetir mobil ketika melakukan perjalanan jauh.

Baca juga : Penyebab setir tiba-tiba menjadi berat dan solusi terbaiknya.

Maka dari itu, ketika anda akan berpergian atau akan melakukan perjalanan jauh sebaiknya periksa dulu ban mobil dan bagian-bagian pada mobil lainnya. Karena dengan begitu perjalanan anda akan nyaman dan aman.

Demikian tadi adalah beberapa Alasan Penting Memeriksa Tekanan Angin Pada Ban Secara Rutin agar terhindar dari kerusakan dan bahaya. Semoga bermanfaat dan membantu.

Artikel terkait :

Tips dan cara merawat ban mobil jadi lebih awet dan tahan lama.

Bahaya sering menyemir ban kendaraan yang jarang diketahui.

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *