Alasan Ganti Oli Transmisi Mobil Matic Lebih Cepat Dari Mobil Manual

Alasan Ganti Oli Transmisi Mobil Matic Lebih Cepat Dari Mobil Manual - mekanikmitsubishi

Mekanikmitsubishi.com – Transmisi juga sama halnya seperti mesin, sama-sama mebutuhkan pelumasan untuk menguragi gaya gesek antar komponen yang berkaitan. Oli transmisi pun ada kalanya untuk diganti, jika tidak seiring waktu pasti akan menimbulkan masalah besar pada kendaraan Anda.

Pada umumnya mobil mengunakan 2 type transmisi, transimisi manual dan transmisi otomatis atau lebih mudah disebut matic. Untuk kendaraan ber transmisi matic sendiri ada 2 varian lagi yakni konvensional atau powershift dan CVT (Continuously Variable Transmission).

Baca juga : 5 tanda kendaraan Anda layak diganti oli mesin.

Ada perbedaan poin penting mengenai perawatan transmisi kendaraan matic maupun manual. Sebelum kita melakukan pergantian oli transmisi kendaraan, yang kita perlu ketahui bahwa setiap oli transmisi kendaraan punya unsur formula dan tingkat kekentalan yang berbeda-beda.

Waktu pergantian oli transmisipun berbeda-beda, terutama antara transmisi matic, CVT dengan manual. Masa pakai oli transmisi matik dan manual berbeda-beda.

Sebagai contoh perbedaan pergantian oli transmisi untuk matic CVT pergantiannya 40.000km dan matic konvensional bisa mencapai 60.000km, untuk transmisi manual 60.000-80.000km.

Apa si,.. penyebab pergantian oli matic lebih cepat bila dibandingkan manual..???

Kami jelaskan penyebab pergantian oli manual lebih lama dari transmisi matic karena susunan komponen transmisi matic CVT lebih simpel dari transmisi konvensional atau manual meskipun pada komponen trnasmisi matic menggunakan V-Belt, maka pergantian oli transmisi matik CVT lebih cepat karena dari susunan komponen keduanya jelas berbeda.

Lebih jelasnya lagi pada interval pergantian oli matik CVT lebih pendek, hal ini bertujuan agar komponen di dalam lebih awet dan tahan lama. Penyebab transmisi manual bisa lebih dari 60.000 kilometer, karena transmisi manual itu sistemnya kering, dalam arti kampas rem, kopling, crup tidak direndam oli transmisii.

Logikanya karena transmisi manual antara gear dan kampas dibuat terpisah, maka fungsi oli hanya melumasi gear. Sedangkan untuk transmisi matic, kampas dan komponen lainnua direndam oli, maka standar SAE (Society of Automotive Engineers) jadi ebih kental oli transmisi manual.

oke,,, temen.2 itu saja ulasan yang bisa Saya sampikan, semoga artikel ini bisa membantu jawaban dari mengapa oli transmisi matic lebih cepat diganti dari kendaraa transmisi manual. Terimakasih,

Baca juga :

Mitos, mengganti oli shockbreaker dengan oli gardan jadi daya kejut jadi lebih soft.

Perlukah engine flush setiap pergantian oli mesin pada kendaraan?

Apa si,.. efek jika oli matic digunakan untuk mesin type manual?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *