Akibat Buruk Asal Pilih Pentil Ban Motor Tubeless

 

Akibat Buruk Asal Pilih Pentil Ban Motor Tubeless - MekanikmitsubishiBeberapa Efek Buruk Memilih Pentil Ban Motor Tubeless

Mekanikmitsubishi.com – Perkembangan jaman yang terus berkembang pesat dan modern membuat berbagai jenis kendaraan juga mengalami inovasi, baik kendaraan motor maupun mobil. Seperti pada kendaraan motor yang saat ini juga telah menggunakan ban tubless dan banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Bagi Anda para pengendara motor yang memakai ban tubless, pentil pada motor Anda merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Meskipun bentuknya yang kecil namun ketika Anda kurang memperhatikannya maka akan mengakibatkan keselamatan, hal ini dikarenakan pentil ban mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran ban.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan ban tubeless pada kendaraan.

Pada pentil ban mempunyai inside core yang berfungsi sebagai pintu keluar masuk angin. Inside Core ini juga dilengkapi dengan per, jika tidak ada pentil pada ban tubless Anda maka kotoran seperti tanah, pasir, kerikil maka akan masuk, dan yang paling bahaya ketika musim hujan maka kotoran akan masuk dan mengering lalu mengeras

Hal tersebut akan menekan inside core dan dapat menjadikan ban mengalami kebocoran.  Lantas bagaimana jika sebagian besar orang hanya asal pilih pentil ban tubless mereka? Berikut ulasan lengkapnya mengenai akibat yang akan mereka dapatkan nantinya.

Akibatnya asal pilih pentil ban motor tubeless :

Baca juga : Tips dan cara merawat ban tubeless dengan benar.

Dapat Menyebabkan Ban Bocor

Tutup pentil ban tubless sangatlah tidak dianjurkan untuk digunakan dan diterapkan di sembarang motor tubless. Hal ini dikarenakan setiap motor tubless telah mempunyai standard spesifikasi tersendiri untuk bagian penutup bannya atau pentil ban tersebut, jika tidak tertutup maupun terpasang dengan baik maka akan mengakibatkan ban mengalami kebocoran.

Dapat Mengakibatkan Berbagai Kotoran Masuk

Memasang asal pentil pada ban tubless yang tidak sesuai dengan ketentuannya dapat mengakibatkan pentil ban terlepas atau tidak dapat menutupi ban dengan baik. Padahal pentil ban mempunyai inside core yang digunakan untuk pintu keluar masuk angin, ketika ban tidak terdapat pentil penutup dengan baik maka dapat menyebabkan kotoran seperti krikil, tanah dan pasir akan masuk.

Mengganggu Faktor Keselamatan

Meskipun bentuknya yang kecil namun keberadaan benda ini sangatlah vital, seperti yang telah dijelaskan di atas ketika kita memasang pentil ban tubless dengan asal pilih maka akan mengakibatkan kotoran masuk, terjadi kebocoran dan yang paling membahayakan adalah dapat menggangu keselamatan Anda.

Memang jika dilihat kasat mata ketika orang mengalami kebocoran tetap dapat merasakan lalu menambalnya.

Akan tetapi jika Anda berkendara menggunakan kecepatan yang tinggi maka akan terdapat efek defleksi yang membuat benang serta jaringan struktur ban menjadi putus sehingga dapat mengakibatkan ban pecah, ketka ban pecah Anda mengendarai motor dalam kecepatan tinggi maka dapat mengancam keselamatan jiwa.

Meskipun Anda menggunakan ban tubles yang bagus akan tetapi jika pentil ban Anda hanya asal pilih maka tetap saja akan membahayakan. Setelah Anda mengetahui akibat yang diperoleh jika asal pilih pentil ban tubless ada baiknya Anda juga mengetahui pentil tubless yang bagus seperti berikut.

Mempunyai Dua Karet Seal

Fungsi adanya dua karet seal pada ban tubless Anda adalah untuk menahan besi pentil dari luar serta dalam agar udara di dalam tidak keluar dan menjadikan ban kedap akan udara, ketika Anda menggunakan satu karet seal saja maka tidak akan tahan lama hal ini dikarenakan untuk menahan baut tidaklah cukup sehingga pentil akan pecah dan udara di dalam ban akan keluar.

Mempunyai Dua Baut

Fungsi dari baut ini adalah untuk mengencangkan pentil pada ban tubless, baut yang pertama digunakan untuk menekan kedua karet sel sedangkan baut kedua untuk mengencangkan baut yang pertama agar lebih paten.

Dari beberapa poin diatas diharapkan memberikan informasi mengenai akibat buruk asal pilih pentil ban motor tubeless bagi pembaca dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

Penjelasan yang benar, bahaya dan tidaknya menggunakan cairan tamban ban ajaib.

Benarkah, terlalu sering menyemir ban kendaraan berbahaya dan menimbulkan efek buruk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *