6 Poin Penting Merawat Mobil Injeksi

6 Tips Merawat Mobil Injeksi Yang Wajib Dilakukan Secara Rutin

6 Tips Merawat Mobil Injeksi Yang Wajib Dilakukan Secara Rutin - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com Saat ini banyak sekali mobil-mobil yang memiliki sistem pembakaran injeksi. Meskipun sistem injeksi dirancang  dengan konsep penyetelan dan perawatan yang minim. Akan tetapi mesin mobil injeksi juga perlu dirawat agar mobil Anda awet.

Berikut 7 tips merawat mobil injeksi:

Baca juga : beberapa masalah yang sering timbul pada sistem rem abs tromol dan cakram.

  1. Membersihkan Throttle Body

Throttle body pada mobil injeksi berfungsi untuk  mengatur masuk keluarnya udara ke dalam mesin. Jika Throttle body penuh dengan debu dan kotor akan membuat kerja sensor throttle body akan menurun dan membuat putaran mesin mobil Anda menjadi pincang.

 

  1. Bersihkan Bagian Sensor

Setidaknya terdapat sekitar 10 sensor pada mesin injeksi mobil. Mulai dari nosel injektor, suhu air pendingin, idle, sensor pengapian, dan sensor lainnya. Apabila kondisi konektor pada ECU kotor, akan berdampak pada mengganggu kerja sensor-sensor mobil Anda.

Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan berupa pembersihan sensor agar mobil Anda dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Cara membersikannya pun cukup mudah.

Copot konektornya kemudian bersihkan dengan menggunakan contact cleanser. Kemudian kembalikan seperti semula saat Anda sudah selesai membersihkannya.

 

  1. Perawatan Nosel Injektor

perawatan pada nosel injektor  berfungsi untuk menjaga agar menjaga agar bentuk serta semprotan dari bahan bakar ideal.

Jika lubang nosel tersumbat oleh kotoran dan kerak akan  menyebabkan semprotan mesin menjadi kacau. Hal ini membuat tarikannya menjadi terhambat.

 

  1. Penyetelan Karbonmonoksida

Penyetelan Karbonmonoksida merupakan salah satu cara yang cukup mudah untuk merawat mobil injeksi Anda. Anda dapat melakukannya dengan memakai engine analyzer untuk menentukan ukurannya. Hal ini untuk mengetahui apakah mesin berjalan sesuai atau tidak.

 

  1. Bersihkan Filter Bensin dan Udara

Cara perawatan mesin mobil injeksi selanjutnya adalah dengan membersihkan filter bensin dan udara.

Meskipun filter pada mesin injeksi lebih lama jika dibandingkan dengan sistem karburator, namun apabila kondisinya sudah kotor maka perlu Anda bersihkan. Setidaknya lakukan pembersihan secara rutin  setiap 20.000 km.

 

  1. Perhatikan Kondisi Aki

Usia dan performa dari mesin injeksi sangat berkaitan erat  dengan pasokan listrik. Diperlukan kondisi listrik yang stabil agar mobil tetap awet. Tak hanya mengecek  kondisi alternator, Anda juga harus memperhatikan kondisi aki agar suplai tegangan yang menuju ECU dan sensor dapat berjalan dengan normal dan stabil.

Tidak hanya melakukan pemeriksaan volume air aki, akan tetapi pastikan juga kondisi terminal bebas dari kerak dan kotoran yang menempel. Hal ini berfungsi untuk menjaga suplai tegangan agar tidak terhambat.

 

Nah itu tadi  adalah cara merawat mesin mobil injeksi yang dapat anda lakukan secara rutin. Jika Mobil terawat dengan baik tentu saja Anda akan semakin nyaman mengendarainya.

Namun apabila terjadi tanda kerusakan pada mobil seperti indikator menyala, Anda dapat berkonsultasi dengan bengkel yang ahli agar mesin mobil Anda dapat terawat dengan baik.

 

Artikel terkait :

Beberapa ciri mobil Anda perlu perawatan spooring dan balancing.

Benarkan kaca film mobil juga perlu perawatan khusus? berikut beberapa tipsnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *