6 Faktor Penyebab dan cara mengatasi mobil cepat panas/overheating

mekanikmitsubishi.com

 

Mekanikmitsubishi.com   Mesin mobil yang cepat panas/suhu temperatur yang overheting sangat perlu kita waspadai sebagai tanda jika mobil anda mengalami kelainan. Akibat terburuknya mobil mengalami kerusakan parah dan bisa menyebabkan kecelakaan. Moabil yang cepat panas dalam waktu tertentu bisa mogok secara mendadak,hal ini sangat berbahaya apabila kondisi mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

 

Beberapa masalah yang ditimbulkan akibat mobil berhenti mendadak ( mesin mati ) yakni disebabkan decoil/coil yang sudah tidak normal. Komponen coil yang mengalami masalah disaat mesin dalam keadaan overheating menyebabkan mesin mati,jika mesin dalam keaadan dingin lagi maka mesin sudah bisa untuk dihidupkan lagi. Ini adalah ciri-ciri komponen coil kendaraan yang rusak/bermasalah. Jika memang benar coil yang mengalami kerusakan maka tidak ada pilihan lain selian menganti coil yang lama dengan coil yang baru.

Mobil yang cepat panas/overheating biasanya dialami oleh kendaraan yang sudah tua. Tapi tidak menutup kemungkinan jika overheating terjadi pada mobil baru. Kualitas bahan sebuah komponen mobil sangat berpengaruh terhadap daya tahan mesin itu sendiri.

Dari beberapa pengalaman berikut adalah beberapa penyebab mobil cepat panas atau mobil mengalami overheating :

 

 

Dan berikut ini 6 faktor penyebab suhu mesin mobil cepat naik:

  1. Komponen Radiator dan Selang
  2. Cairan Radiator/air Radiator
  3. Buruknya Kualitas Oli Mesin atau Oli Pendingin/ Oli Berkurang
  4. Kipas Pendingin Mengalami Masala
  5. Mesin Mobil Bermasalah
  6. Komponen Thermostat Bermasalah

1. Radiator dan Selang

Pastikan komponen radiator dalam kondisi baik yakni radiator tidak bocor dan tidak tersubat. Pastikan juga komponen yang berhubungan langsung dengan radiator dalam kondisi baik. Jika radiator mengalami kerusakan atau kelainan yang mengakibatkan mesin mobil cepat panas/overheating sebaiknya Anda sesegera mungkin ke bengkel spesialis radiator yang menangani masalah atau kerusakan pada komponen radiator. Jika kerusakan cukup parah sebaiknya lakukan pergantian untuk menjaga agar mobil anda tidak mengalami overheating kembali.

Catatan : Cairan air radiator tidak pernah berkurang jika kondisi radiator masih bagus!!!

2. Cairan Radiator ( Coollant )

Penggunaan air biasa atau air sumur yang mengandung banyak logam dan mineral serta unsur yang lain dalam waktu tertentu akan menyebabkan kerak pada sirip dan elemen radiator. Jika kita tidak mengunakan air radiator buatan pabrikan,sebaiknya mengunakan air yang bebas dari unsur logam,atau lebih baiknya dengan air hasil sulingan ac rumah. Jika Anda mengunakan air sumur/air biasa sebaiknya selama 5 minggu air pendingin radiatornya diganti. Bisa dipastikan dalam beberapa minggu saja air pendingin yang bukan buatan pabrikan seperti cairan coolant akan berubah warna menjadi keruh,biasanya berwarna kuning kecoklatan. Lakukan pembersihan pada radiator mobil Anda

Catatan : Jika Anda sudah terbiasa mengunakan air biasa/air sumur dalam jangka waktu lama dan tiba-tiba Anda ingin menganti dengan air radiator pabrikan ( coolant ) sebaiknya perlu waspada dikarenakan kerak yang berada pada elemen radiator rontok karena sifat kimia dari air radiator pabrikan. Hal ini bisa mengakibatkan selang dan saluran pada komponen radiator tersumbat sehingga kinerja dari radiator mobil tidak maksimal dan berakibat mesin mobil cepat panas,overheating dan mati mendadak.

Pilihlah air radiator yang bagus dan berkualitan yang sudah teruji dan terdapat standar dari lembaga eco / api.

Baca juga artikel : Cara menganti air radiator dengan benar yang jarang diketahui..!!

3. Kualitas Oli dan Oli Cepat Berkurang

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah dikarenakan kualitas oli rendah dan oli berkurang dari bak mesin. Oli yang tidak berkualitas dan berkurang sangat menentukan terjadinya overheating dan mesin mobil cepat panas yang mengakibatkan mesin mati secara mendadak. Oli yang tidak berkualitas memiliki sifat yang tidak tahan panas,jika oli tidak mampu menahan panas yang dihasilkan dari ruang bakar maka secara pasti volume oli mesin akan berkurang karena prosespenguapan. Mesin yang kekurangan volume oli menyebabkan kerja mesin kurang optimal dan mesin akan cepat mengalami kerusakan jika tidak ditangani dengan cepat dan benar. Panas mesin yang terjadi karena overheating mengakibatkan gaya gesek mesin menjadi lebih besar dan kasar. Gesekan yang terus menerus ini yang berakibat suhu mesin cepat panas yang tidak normal.

Catatan : Pastikan bak mesin,perpak,dan sudut-sudut mesin tidak ada rembesan oli atau oli tidak bocor. Pastikan juga bahwa knalpot tidak mengeluarkan asap putih saat mesin hidup. Pastikan juga jika kualitas oli yang Anda pakai bukan oli yang berkualitas rendah..!!

Baca juga artikel : Cara menganti oli mesin yang baik dan benar yang direkomendasikan oleh perusahaan otomoti..f!!

 

4. Gangguan Mesin

Adanya gangguan pada mesin mengacu pada penyebab no 3 yang saya sebutkan tadi utama yakni : Mesin kekurangan volume oli mesin dan masih banyak faktor penyebab lain seperti kerusakan pada beberapa komponen mesin.

 

5. Kipas Trouble

Jika poin no 3 diatas tidak memiliki masalah atau dalam keadaan normal mungin komponen kipas radiator tidak berjalan dengan normal termasuk switching otomatis pada kipas yang tidak normal. Tidak normalnya komponen switching otomatis yang terdapat pada kipas pendingin yakni sensor switching tidak bisa membaca tindakan. Yang seharusnya switching menerima sensor untuk menyalakan kipas pendingin akan tetapi sensor switching tidak berfungsi dengan baik sehingga kipas pendingin tidak berputar sebagaimana mestinya.

Catatan : Mungkin juga kipas pendingin berputar akan tetapi switching otomatis telat menyalurkan sinyal untuk mengerakkan kipas pendingin. Bisa juga kipas berputar sangat pelan sehinggan pendinginan pada air pendingin /coolant tidak maksimal dan mengakibatkan mesin mobil cepat panas dan terjadi overheating

 

6. Thermostat

Yang terkahir Adalah komponen thermostat. Komponen termostat bekerja sebagai indikator / sebagai alat pengukur suhu mesin dan pada air pendingin / coolant. Jika termostat mengalami kelainan atau kerusakan maka termostat tidak akan menghasilkan perhitungan temperatur yang tepat.

Dari beberapa poin di atas yang saya sebutkan poin no 2 adalah faktor paling sering dialami pengendara dan sebab awal terjadinya overheating/mengakibatkan mesin mobil cepat panas dan mengakibatkan mobil mati mendadak.

Semoga artikel ini membantu pembaca,terimakasih

 

Artikel yang disarankan untuk dibaca : Tips jitu merawat radiator mobil yang benar dan aman untuk pemula..!!

 

2 comments

  • Pengalaman pernah terjadi overheat saat radiator kering.

    pokoknya sering2 di cek deh dari pada nantinya mengeluarkan cost yg lebih besar dari service rutin, lebih baik kita lakukan perawatan berkala agar kendaraan tetap dalam perfoma yg bagus. terima kasih ya artikel ini sangat bermanfaat sekali.

    Reply
  • mobilku setiap jalan -+ 20 km temperatur naik tinggi pdhal radiator sdh diservis, oli mesin baik, kipas bagus… apakah kerusakan pada poin no 6 ya?
    tapi menurut bengkel sebelah katanya sindercopnya yang bermasalah

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *