5 Tanda Tanda Mobil Harus Ganti Oli

 

5 Tanda Tanda Mobil Harus Ganti Oli - MekanikmitsubishiJangan Sampai Kecolongan, Berikut 5 Tanda Tanda Mobil Harus Ganti Oli

Mekanikmitsubishi.com – Jangan pernah malas untuk mengganti oli karena keberadaan oli dalam mobil sangatlah penting. Bisa dikatakan, oli adalah perawatan wajib bagi mobil.

Jika Anda merawat mesin mobil dengan baik maka akan mendapatkan keuntungan tersendiri. Seperti mobil Anda tidak akan cepat rusak dan mesin yang tahan lama. Karena oli dalam mesin dapat melindungi komponen pada mesin mobil oleh karena itu ganti oli mobil jangan pernah disepelekan.

Segeralah melakukan pencegahan agar mesin Anda awet dan tetap terjaga. Jika Anda belum tahu kapan harus ganti oli mobil dengan tepat.

Baca juga : Bahaya sering telat ganti oli mesin, berujung pada overhole/turun mesin.

Berikut lima tanda-tanda mobil harus ganti oli yang bisa dijadikan patokan :

Baca juga : Langkah mengganti oli mesin yang baik dan benar, yang jarang diperhatikan.

  1. Jarak Tempuh

Setelah perjalanan jauh, misalnya setelah mudik hari raya dan Anda menggunakan mobil untuk pulang kampung, sebaiknya setelah pulang kembali ke rumah, segera ganti oli mesin mobil Anda.

Jarak tempuh maksimal untuk segera ganti oli mobil adalah 3000-5000 km karena jika tidak segera diganti setelah jarak tempuh tersebut, oli mobil Anda akan kotor sehingga mesin tidak akan bekerja secara maksimal.

  1. Mesin Terasa Kasar

Ganti oli mobil Anda ketika mesin terasa kasar. Jika ketika dikendarai mobil terasa tidak seperti biasanya, seringkali ditandai dengan mesin menjadi terasa kasar dan tidak nyaman maka segera ganti oli mobil Anda.

Jika mesin sudah terasa kasar berarti kinerja oli Anda sudah tidak efektif dan cara yang paling tepat adalah mengganti segera oli mobil Anda.

  1. Warna Oli Berubah

Warna oli yang berubah menjadi hitam dan encer tandanya harus ganti oli mobil. Hal tersebut terjadi karena oli sudah bekerja cukup jauh. Sehingga, kekentalannya sudah tidak bagus dan tidak layak pakai.

Oli yang berubah menjadi hitam biasanya karena dua hal. Pertama karena jarak tempuh yang sudah sangat jauh. Kedua kemungkinan karena kerusakan yang terjadi pada mesin. Jika warna oli masih berwarna coklat kekuningan, berarti oli Anda masih normal dan tidak perlu buru-buru ganti oli mobil.

  1. Mesin Cepat Panas

Tanda bahwa mobil Anda harus segera ganti oli mobil ketika mesin lebih cepat panas/overheating dari biasanya. Biasanya mobil yang cepat panas terjadi karena oli yang tidak bekerja dengan lancar. Atau oli yang tidak menutupi mesin karena terjadi kebocoran atau hal lainnya. Untuk itu, segera periksa apakah memang oli Anda bocor atau masalah lain yang mungkin terjadi.

  1. Suara Mesin Berisik

Jika mesin Anda berisik berarti oli sudah tidak bekerja dengan baik. Maka, jika Anda merasakan mesin Anda suaranya tidak seperti biasa, segerlah ganti oli dengan yang baru agar mesin mobil tidak rusak.

Itulah waktu yang tepat untuk ganti oli mobil. Perawatan yang murah untuk sebuah kendaraan mobil adalah memastikan untuk mengganti oli dengan teratur. Jangan sampai Anda harus sering datang ke bengkel karena tidak ganti oli secara teratur yang menyebabkan mesin cepat rusak.

Di kota besar biasanya seringkali terjadi kemacetan, yang menyebabkan umur oli mencapai titik terendah di kisaran 10 ribu km untuk mobil baru. Sementara jika mobil menempuh jalan tol dengan kecepatan yang konstan, maka ganti oli mobil bisa dilakukan dalam jarak tempuh yang cukup jauh.

Pastikan untuk merawat mobil Anda dengan cara mengganti oli dengan teratur, agar mesin bisa lebih panjang umur dan kendaraan jauh lebih awet. Sekian arikel kami mengenai beberapa tanda-tanda mobil Anda perlu pergantian oli mesin, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

5 tips dan cara membedakan oli asli dengan oli palsu yang wajib dipahami.

Cek oli gardan mobil, kegunaan, perbedaan, serta cara menggantinya dengan mudah.

One comment

  • erwin

    Terimakasih infonya. Ini sangat berguna untuk pengguna kenderaan bermotor biar janagn sepele dengan oli.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *