5 Kerusakan Komponen Akibat Kendarai Mobil Ugal – Ugalan

5-kerusakan-komponen-akibat-kendarai-mobil-ugal-ugalan-mekanikmitsubishiKendarai Mobil Ugal-Ugalan, 5 Komponen Pada Mobil Ini Terancam Jebol.

Mekanikmitsubishi.com – Satu hal yang wajib menjadi perhatian khusus para pengendara mobil ialah perfomanya. Performa mobil yang prima akan membuat berkendara Anda lebih nyaman dan aman pastinya. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk menjaga performa mobil anda. salah satunya adalah kehati-hatian dalam berkendara. Ya, beberapa orang memiliki karakter yang berbeda-beda dalam mengemudikan mobilnya.

Baca juga : Bahaya,dan bolehkah geber-geber mesin mobil saat memanaskan mesin?

Jadi, ada baiknya anda mengemudi dengan hati-hati alias tidak ugal-ugalan. Sebab, mengemudikan mobil dengan ugal-ugalan berpotensi merusak komponen dalam mobil anda. bahkan beberapa diantaranya terancam jebol.

Lalu apa saja komponen pada mobil anda yang terancam jebol akibat berkendara ugal-ugalan? Yuk, langsung saja, simak info lengkapnya di bawah ini :

Baca juga : 5 cara bikin awet mesin mobil paling ampuh yang jarang dipahami.

  1. Ball Joint

Ball joint adalah komponen pada kaki mobil yang berfungsi untuk menghubungkan arm (sayap) dengan knuckle roda. Posisinya menempel langsung pada sayap, tapi juga tidak dipasang menggunakan baut.

Komponen yang juga memiliki fungsi sebagai sumbu roda saat berbelok ke kanan dan ke kiri ini memiliki tugas yang sangat berat. Tak heran jika komponen ini menjadi cepat rusak, terutama jika anda mengendarai mobil dengan ugal-ugalan.

Gejala yang ditimbulkan dari Ball Joint yang rusak dapat dideteksi dari bunyi gluduk-gluduk di bagian bawah mobil. Untuk mengeceknya cukup mudah. Dongkrak roda depan lalu goyangkan roda ke atas dan ke bawah dengan posisi sedikit menyerong. Rasakan apakah ada kocak pada Ball Jointnya, jika ada dapat dipastikan Ball Jointnya rusak.

  1. Tie Rod

Merupakan komponen penting pada mobil yang berfungsi menghubungkan roda dengan Rack End stir. Gejala kerusakan pada Tie Rod akan sangat terasa pada pergerakan stir mobil yang sulit dikendalikan serta tidak stabil bahkan oleng ke kanan kiri.Masing-masing roda depan memiliki satu Tie Rod, namun ada beberapa tipe mobil yang menggunakan dua buah Tie Rod dalam satu roda.

Gejala lain yang bisa anda rasakan ialah stir yang akan terasa bergetar jika tie rod rusak, dan akan menimbulkan bunyi kletek-kletek saat berbelok. Untuk mengeceknya anda harus mendongkrak roda depan, lalu menggoyangkannya ke samping kanan dan kiri. Jika terdengar bunyi gluduk maka bisa dipastikan Tie Rod rusak.

  1. Rack End

Rack End merupakan komponen pada kaki mobil yang berpotensi mengalami kerusakan lebih cepat dibanding dengan komponen lainnya. Berkendara dengan ugal-ugalan, seringnya melewati jalanan berlubang, serta kurangnya perawatan secara berkala adalah beberapa faktor yang sering menyebabkan engine mobil ini cepat rusak. Rack End bertugas untuk mengatur tingkat kelurusan roda saat mobil berjalan lurus.

Bila komponen ini mengalami gangguan, sudah bisa dipastikan mobil akan mengalami ketidakseimbangan.

  1. Koil

Berkendara dengan ugal-ugalan biasanya dibarengi dengan kecepatan yang tinggi alias tidak perhitungan. Selain membahayakan keselamatan diri sendiri, mengemudi dengan ugal-ugalan juga akan mengganggu kinerja Koil sebagai pembangkit tenaga listrik. Kecepatan yang tidak diperhitungkan akan mengganggu proses perapian.

  1. Karburator

Bekerja sebagai mekanis manual yang memasok bensin ke silinder, karburator juga mempunyai peran yang sangat penting dalam mengatur kelajuan mobil. Apabila setelan idle katup terlalu tinggi, katup Karburator tidak dapat menutup secara sempurna. Hal ini menyebabkan supply bahan bakar ke silinder terlalu banyak atau membanjir. Dan berpotensi menyebabkan mobil anda mogok.

Itulah 5 komponen mobil yang terancam jebol karena berkendara dengan ugal-ugalan. Wah, sangat ngeri bukan? selain membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain. Ugal-ugalan saat mengemudi juga akan menguras dompet Anda ya?. Jadi, berkendaralah dengan aman, patuhi lalu lintas, dan utamakan keselamatan.

Artikel terkait :

Tips dan cara mudah mengatasi mobil bergetar dengan benar dan tepat

Penyebab mobil brebet tak bertenaga pada mobil injeksi.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *