5 Hal Bikin Mobil Bekas Tetap Mahal Dan Menarik Minat Pembeli

5 Alasan Mobil Bekas Jadi Incaran Calon Pembeli Dan Punya Harga Mahal - Mekanikmitsubishi5 Hal yang Bikin Mobil Bekas Anda Tetap Mahal Dan Jadi Incaran Pembeli

Mekanikmitsubishi.com – Banyak pengguna mobil yang ingin menjual kembali mobil yang sudah dibelinya. Ada berbagai alasan yang mendasarinya, mulai dari keinginan untuk membeli model yang terbaru sampai tidak bisa memenuhi biaya perawatannya.

Saat menjual mobil bekas Anda ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar mobil yang hendak kita jual dihargai dan di incar banyak calon pembeli, setidaknya menarik perhatian calon pembeli untuk tertarik membeli dengan harga terbaik. Sehingga kita tidak mendapatkan kerugian yang terlalu banyak.

Berikut 5 hal yang bikin mobil bekas Anda tetap mahal :

Baca juga : Pengaruh warna terhadap harga jual mobil.

  1. Kondisi Mobil

Sebuah mobil bekas yang akan dijual memiliki harga yang mahal apabila kondisinya masih bagus. Sehingga penting bagi kita untuk menjaga kondisi mobil, baik itu kondisi tampilan, mesin ataupun performanya. Caranya adalah dengan rajin melakukan perawatan pada mobil seperti service berkala serta pemolesan yang teratur. Dengan begitu kondisi mobil kita akan tetap baik dan selalu prima apabila suatu saat akan dijual lagi. Karena merawat mobil sejak dini agar tetap kinclong, secara overall baik dan memuaskan akan terasa lebih mudah.

  1. Tahun Keluaran

Tahun keluaran/pembelian juga turut andil dalam menentukan mobil bekas Anda tetap dihargai mahal. Secara umum kendaraan seperti mobil yang memiliki tahun keluaran yang lebih tua pastinya akan dihargai lebih murah daripada mobil keluaran yang lebih muda.

Misalnya, mobil Ayla tahun 2015 harganya 100 jutaan, kemudian pada tahun 2017 harganya akan mengalami penurunan sebesar 5 juta rupiah. Intinya setiap tahun harga mobil akan mengalami penurunan.

  1. Adanya Mobil Baru

Banyaknya keluaran mobil-mobil baru juga mempengaruhi harga jual mobil bekas. Apabila terdapat banyak mobil keluaran baru dengan fitur dan teknologi lebih cangih maka harga jual mobil bekas akan menurun. Apalagi jika saat-saat tertentu seperti adanya promo besar-besaran dan yang paling berpengaruh yaitu ketika terdapat banyak diskon dan service gratis tambahan yang ditawarkan untuk setiap pembelian mobil baru.

Jadi Anda harus jeli dan pandai mencari waktu yang tepat ketika hendak menjual mobil agar harga jualnya tetap tinggi.

  1. Surat Mobil, Kepemilikan dan Buku Service

Walaupun mobil bekas jika memiliki surat-surat kepemilikan yang lengkap ditambah atas nama tangan pertama serta buku service yang rutin terisi history perawatan dan perbaikan tentu harga jual mobil bekas akan lebih mahal dibandingkan mobil yang tidak memiliki surat kelengkapan.

Surat kelengkapan yang dimaksud meliputi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Tanpa adanya surat kelengkapan ini harga mobil akan turun drastis. Sehingga penting untuk kita menjaga surat-surat kendaraan agar jangan sampai hilang. Tidak mau kan mobil kita yang masih bagus dihargai murah karena surat-suratnya sudah hilang?.

  1. Cara Penjualan yang Tepat

Dan salah satu poin penting dan perlu diperhatikan adalah cara penjualan yang tepat. Sebab jika kita pakai cara yang benar saat menjual dan menawarkan mobil Anda juga mempengaruhi harga jual mobil bekas Anda. Cara penjualan bermacam-macam. Bisa dengan langsung ke dealer mobil bekas ataupun menuju bursa jual mobil. Bisa juga dengan cara memarkir mobil di tepi jalan dengan diberi tulisan “DIJUAL”. Akan tetapi menurut saya pribadi jika ingin kendaraan kita terjual dengan harga yang bagus yakni transaksi dengan pembeli yang tepat. Maksudnya kita menjual dengan seseorang yang benar-benar punya keinginan yang kuat ingin membeli mobil bekas Anda dan mereka tertarik dan yakin dengan kondisi mobil kita.

Masing-masing cara menjual mobil bekas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita juga bisa memanfaatkan sosmed dan jasa pengiklanan seperti Adwords atau FbAds atau dengan jaringan internet untuk memasarkan mobil, bisa melalui twitter, facebook, forum jual beli mobil bekas, dll.

Mobil Bekas yang Jadi Incaran

Baca juga : Tips cerdas dan menguntungkan membeli mobil mitsubishi pajero.

Jika membahas tentang mobil bekas yang menjadi incaran ternyata mobil bekas yang berasal dari negara Jepang, dalam sebuah survey mobil pabrikan jepang masih menduduki peringkat pertama. Sebanyak 8 dari 10 orang lebih memilih mobil buatan Jepang daripada mobil buatan Amerika ataupun Eropa.

Hal ini disebabkan mobil bekas yang buatan Jepang mudah dijual kembali dengan harga yang cukup tinggi, banyaknya pengguna mobil jepang di Indonesia, tersedianya bengkel dan sparepart yang mudah dijangkau serta biaya perawatan mobil ini pun tergolong lebih murah.

Ada lima mobil merk Jepang yang paling menjadi incaran masyarakat yaitu Toyota Avanza, Kijang Inova, Honda Jazz, Toyota Yaris dan Honda Freed.

Meskipun begitu ternyata menjual mobil bekas buatan Amerika dan Eropa bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada mobil Jepang.

Kebanyakan harga mobil produksi Jepang dapat dijual kembali antara 90 juta sampai 250 juta rupiah. Hal ini dipengaruhi oleh tipe mobil, kelengkapan surat-surat mobil, tahun pembuatan, kondisi mobil serta cara kita menjual mobil tersebut.

Demikian ulasan kali ini yang membahas mengenai 5 hal yang mempengaruhi harga jual mobil bekas, dan dilirik banyak calon pembeli. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sebelum melakukan proses jual beli. Terimakasih.

Artikel terkait :

Tips merawat mobil warna merah agar tetap kinclong dan mengkilap.

Bocoran kelebihan dan kekuranga Suzuki Ignis Indonesia.

Cara menghindari pajak progresif dan perhitungannya.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *