5 Ciri-Ciri Thermostat Mobil Rusak Dan Cara Mudah Mengatasinya

5 Ciri-Ciri Thermostat Mobil Rusak dan Cara Mudah Mengatasinya - MekanikmitsubishiBeberapa CiriCiri Thermostat Mobil Mengalami Kerusakan Dan Cara Mudah Mengatasinya

Mekanikmitsubishi.com – Anda yang memiliki mobil dan sudah terbiasa mengendarainya tentu sudah cukup sering mendengar nama Thermostat. Thermostat sendiri merupakan salah satu bagian yang ada pada sistem pendingin di dalam mobil, jadi tidak jaran jika bagian ini bermasalah mobil Anda akan langsung tidak terasa nyaman dan panas.

Baca juga : Cara paling mudah membersihkan radiator mobil dengan benar.

Beberapa fungsi dari Thermostat ialah untuk menahan air pendingin sehingga tidak akan sampai ke radiator, lalu juga untuk mempertahankan temperatur agar suhunya tetap pada temperatur dalam batas, juga untuk membuka saluran pada mesin yang akan menuju radiator.

Mengingat pentingnya peranan Thermostat ini, sepertinya Anda perlu tahu 5 ciri-ciri Thermostat mobil rusak dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga : Cara merawat radiator mobil yang benar dan aman.

  1. Thermostat Terlihat Terbuka Ketika Pada Temperatur Ruang

Ciri pertama ini merupakan salah satu ciri yang paling mudah untuk disadari, karena jika keadaannya normal pasti akan selalu tertutup pada temperatur ruang. Atau sederhananya, jika temperatur masih berkisar 30 derajat dan sudah terbuka, maka sudah bisa dipastikan bahwa Thermostat mobil Anda memiliki masalah.

Kalau sudah begini, maka tidak ada hal lain yang bisa Anda lakukan selain mengganti Thermostat mobil dengan yang baru.

  1. Thermostat Macet

Jika tadi Thermostat langsung terbuka ketika masih dalam temperatur ruangan saja, maka kini kebalikannya. Dimana temperatur sudah cukup tinggi bahkan hingga mencapai 90 derajat, namun Thermostat juga tidak kunjung terbuka, atau istilah mudahnya sering disebut dengan Thermostat macet.

Hal ini akan membuat kondisi dimana air di dalam radiator tidak bisa bersiklus dan membuat mesin tetap dalam keadaan panas. Salah satu dari 5 ciri-ciri Thermostat mobil rusak dan cara mengatasinya ini pun membuat Anda harus mengganti Thermostat mobil.

  1. Kinerja Mesin Membutuhkan Waktu yang Lama

Hal ini juga masih berkaitan dengan cii yang pertama tadi, dimana jika Thermostat rusak atau terus menerus terbuka juga bisa membuat mesin lama mencapai temperatur kerjanya. Dalam kondisi ini, Anda bisa membawa mobil kebengkel, atau bisa langsung meminta agar Thermostat diganti.

  1. Bahan Bakar Menjadi Jauh Lebih Boros

Mungkin sebagian dari Anda masih belum mengerti mengapa masalah pada Thermostat busa membuat penggunaan bahan bakar menjadi boros. Hal ini dikarenakan suhu mesin yang terus dalam keadaan rendah, sehingga konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih banyak.

Hal ini juga membuat Anda harus cepat-cepat mengganti Thermostat, atau mesin mobil Anda bisa saja menjadi tidak awet dan mendapat masalah yang lebih besar.

  1. Mesin Sering Mengalami Overheating

Ciri yang kelima ini merupakan ciri yang paling jelas jika Anda peduli dengan keadaan mobil. Beberapa ciri overheating diantaranya ketika mobil sedang berjalan akan terasa seperti menggelitik, AC menjadi terasa lebih panas, tenaga mobil berkurang, temperatur gauge menunjukkan suhu lebih tinggi dan lain sebagainya. Hal ini juga membuat Anda harus mengganti Thermostat.

Baca juga : Beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin cepat panas/overheating.

Nah, itulah 5 poin utama ciri-ciri Thermostat mobil mengalami kerusakan dan cara mengatasinya dengan mudah yang sebaiknya nada tahu. Daripada harus mengganti part yang mahal pada akhirnya, tentu akan lebih baik jika Anda rutin merawat Thermostat saja. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait :

5 langkah mengganti air radiator mobil dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *