5 Cara membedakan oli asli dengan oli palsu mudah dan akurat

 

perbedaan oli asli dengan palsu 5 Cara membedakan oli asli dengan oli palsu mudah dan akurat

Ada beberapa cara yang dapat dipergunakan secara mudah untuk membedakan oli pelumas palsu dari yang asli.

Banyak cara untuk membedakan oli yang asli dengan oli palsu,akan tetapi kami akan memberikan tipsnya secara mudah dan dijamin akurat.

Berikut beberapa tips membedakan oli asli dan palsu dari agen oli terbersar di Indonesia untuk pelanggan/konsumen setia yang akan membeli oli pelumas di gerai-gerai mereka.

Artikel terkait : Langkah paling mudah mengganti oli mobil dengan baik dan benar.

 

Pertama yang harus dicermati adalah Label Pada Kemasan.

 

Salah satu cara dan tips paling mudah dan akurat untuk membedakan oli asli dengan oli palsu  adalah mencermati label pada kemasan/botol oli. Yakni ciri-ciri dari label pada kemasan yang asli adalah rapi dan tanpa ada cacat,pabrikan oli pasti mengunakan teknologi percetakan/printing yang bagus dan berkualitas untuk mencetak label pada kemasan produk oli mereka.

Artikel terkait : Langkah Untuk Mengetahui Kualitas Oli Pada Mobil

Ada beberapa produsen yang menggunakan semacan hologramic logo dan juga kode tersendiri untuk memberikan cirri keaslian produk mereka. Beberapa produsen oli sudah mengunakan teknologi hologramic dan bahkan terdapat kode tersendiri untuk memeberikan ciri keaslian khusus pada produk oli mereka. Penampilan sekilan antara oli asli dan oli palsu memang terlihat sangat mirip,akan tetapi jika kita lebih jeli maka terdapat perbedaan sangat mendasar antara oli asli dan palsu yakni dari logo pada kemasan. Biasanya logo pada kemasan oli palsu mengunakan printing berkualitas sangat rendah. Hal ini dikarenakan pembuatan logo yang asli membutuhkan teknologi yang bagus dan biaya yang jauh lebih mahal dari pada mengunkan printing yang biasa. (Logo asli di scan dan dicetak ulang) Sehingga bahan label yang rendah dan tidak berkualitas memberikan informasi bahwa oli tersebut adalah palsu.

 

Hal kedua yang harus Anda cermati adalah bagian botol/kemasan.

 

Pembuatan oli palsu juga membutuhkan biaya besar untuk mencetak botol,maka dari itu dari beberapa kasus yang terungkap,pelaku pemalsuan oli memanfaatkan botol bekas yang dikumpulkan dari bekas pemakaiaan oli. Sebenarnya hal ini memberikan identifikasi dengan mudah bagi pengguna/konsumen untuk curiga akan keaslian oli tersebut.

“Catatan : Pabrikan tidak akan pernah untuk mengunakan botol kemasan daur ulang untuk tiap produk selanjutnya untuk memberikan ciri keaslian produknya”

 

Yang ketiga lebih cermat dari sebelumnya yakni Nomor Identifikasi pada tutup kemasan.

 

Prabrikan oli pelumas yang asli mengunkan nomer identifikasi yang terletak pada 2 tempat yang berbeda,yang pertama pada tutup botol/kemasan dan yang kedua berada pada botol oli. Jika tidak ada kesamaan nomer indentifikasi diantara tutup botol dan pada botol,bisa dipastikan oli yang Anda teliti adalah oli paslu.

 Artikel terkait : Cek oli gardan,kegunaan,perbedaan,dan cara mengganti dengan mudah untuk pemula.

 

Keempat Adalah teknologi tutup kemasan/botol.

 

Pabrikan oli asli sudah pastinya mengunkan teknologi terkini ,modern dan maju dalam pembuatan tutup botol yang mereka produksi. Cirinya yakni hanya bisa digunakan sekali,jika sudah pernah dibuka maka tutup botol akan mengalami kerusakan. Hal ini tidak memungkinkan pemalsu mengunakan tutup botol yang sudah dipakai atau tutup botol bekas/daur ulang.

 

 

Yang kelima cara membedakan oli asli dengan oli palsu secara mudah dan akurat dengan Bau produk dan Warna.

 

Salah satu ciri khas oli yang asli adalah berwarna bening dan tidak berbau aneh. Oli yang paslu biasanya berbau tidak sedap/gosong dan oli palsu kebanyakan berwarna keruh.

 

Diharapkan dengan membaca artikel ini pengguna/konsumen dapat dengan mudah dan akurat sanggup membedakan ciri-ciri oli yang asli dengan oli yang palsu untuk mereka gunakan.

 

Saran artikel untuk dibaca : Cara mengecek oli transmisi otomatis pada mobil , Cara mudah mengganti oli power stering.

2 comments

  • Harus berhati2 banget ya kalau membeli oli untuk kendaraan, tapi terkadang untuk membedakannya juga amat sulit walaupun sudah kita tahu perbedaan tetapi para sindikat pemalsu oli semakin pintar menyamakannya..

    Reply
  • artikel nya sangat bermanfaat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *