5 Cairan Yang Wajib Diperiksa Sebelum Perjalanan Jauh

Beberapa Persiapan,5 cairan yang wajib diperiksa sebelum perjalanan jauh

5 Cairan Yang Wajib Diperiksa Sebelum Perjalanan Jauh - Mekanikmitsubishi

Mekanikmitsubishi.com – Saat memasuki musim liburan banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu liburan mereka dengan bepergian bersama keluarga dan menggunakan kendaraan pribadi mereka seperti mobil. Dalam perjalanan bersama keluarga tentunya tidak ingin terjadi kemungkinan buruk bukan ?

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk perlu memperhatikan beberapa komponen mobil. Komponen mobil ini perlu diberikan pengawasan khusus sebelum melakukan perjalanan bersama keluarga terutama dalam perjalanan jauh.

Baca juga : Tips bermanfaat mengemudi saat mudik,hindari lelah dan kantuk.

Ada beberapa cairan di mobil wajib diperiksa sebelum Anda bepergian agar perjalanan tetap terasa nyaman. Cairan mobil tersebut diperiksa apakah perlu dilakukan pengisian atau harus diganti.

Kelima cairan tersebut mulai dari oli mesin, minyak rem, air wiper, air aki dan air radiator. Kelima cairan tersebut merupakan salah satu dalam komponen mobil yang wajib diperiksa.

Lebih jelasnya berikut ini informasi mengenai lima cairan mobil yang wajib diperiksa sebelum mobil diajak berlibur.

  1. Oli atau Pelumas

Saat pelumas dalam mesin tidak baik, performa dari mesin mobil juga akan ikut menurun atau tidak bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu wajib untuk memeriksa oli pada mobil yang hendak dibawa liburan. Oli mesin memiliki fungsi membuat performa dapur pacu dari komponen mobil menjadi maksimal.

  1. Minyak Pada Kampas Rem

Periksa kampas rem dalam komponen mobil untuk memastikan tidak ada kebocoran pada minyak rem. Pastikan untuk mengecek ketinggian dari minyak rem pada posisi maksimum dan jika kurang dari ketinggian tersebut segera lakukan penambahan.

  1. Air Wiper

Cairan yang ada pada komponen mobil lainnya juga perlu diperiksa sebelum melakukan perjalanan bersama keluarga tercinta sperti air wiper. Air wiper ini memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan kaca depan mobil dengan melalui semprotan dari wiper washer. Jika tidak ada cairan ini maka kaca yang kotor dapat menyulitkan pengendara mobil dan dapat mengurangi visibilitas selama berkendara.

  1. Air Pada Aki

Aki merupakan salah satu komponen mobil yang tidak kalah pentingnya, karena jika tidak ada aki maka mobil tidak dapat berjalan dan begitu pula jika tidak ada air aki. Untuk mobil dengan aki basah periksa volume air aki dan kondisinya sebelum bepergian baik jarak dekat maupun jarak jauh karena aki yang airnya berkurang dapat merusak sistem kelistrikan.

  1. Air Radiator

Untuk cairan yang perlu diperiksa lainnya air radiator, periksa radiator yang merupakan bagian dari komponen mobil juga. periksa volume air pada reservoir radiator untuk memastikan tidak ada masalah dengan pendingin mobil tersebut dan jika reservisor radiator kosong maka Anda juga dapat mengalami kerepotan saat dalam keadaan jalan yang macet panjang.

Komponen dari mobil lainnya yang wajib diperiksa

Selain lima cairan dalam komponen mobil yang harus diperiksa ada juga beberapa komponen lain yang wajib diperiksa sebelum melakukan perjalanan.

  • Ban
  • Lampu
  • AC
  • Kebersihan mobil

Komponen di atas juga merupakan hal yang penting dan wajib Anda periksa setiap saat Anda bepergian. Ban merupakan bagian eksternal dalam mobil tapi ban ini sangat penting untuk diperhatikan karena memiliki peranan penting dalam pengendalian mobil supaya dapat berjalan dengan maksimal. Periksa tekanan angin dan juga ban cadangan.

Lampu sangat penting dalam sebuah kendaraan, karena lampu dapat membantu Anda ketika malam hari. Komponen mobil berupa lampu ini harus dipastikan berfungsi dengan baik seperti pada lampu utama, lampu sein dan lampu kabut.

Sedangkan untuk AC dapat membuat perjalanan Anda tetap nyaman. Dalam penggunaan AC wajib diperiksa kinerja dari kompresor dan megnetic clutch. Selain komponen mobil, perlu juga memperhatikan kebersihan dari mobil mulai dari interior sampai dengan eksterior. Bersihkan kabin, berikan pengharum ruangan dan cuci mobil sebelum melakukan perjalanan.

Sekian artikel kami mengenai tips dan beberapa hal ( 5 cairan ) wajib diperhatian sebelum perjalanan jauh. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan wawasan Anda. Terimakasih.

Artikel terkait :

Tips paling jitu atasi understeer dan oversteer dan bebepara penyebabnya.

Tips dan cara memanaskan mobil yang baik dan benar.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *