4 Tips Perlakuan Terbaik Setelah Beli Mobil Baru

Graphic1

 

Beli mobil baru adalah salah satu cara yang paling bagus dari pada beli mobil bekas. Namun harga mobil bekas lebih murah daripada mobil baru, hal ini dapat anda lihat pada situs web jual beli mobil, jual beli mobil bekas, jual beli mobil baru atau jual beli mobil murah. Meskipun harga mobil bekas lebih murah namun kualitas tidak begitu buruk jika anda mampu memilihnya dengan tepat, namun membeli mobil baru tetap pilihan paling bagus. Jika anda telah memilih mobil baru, ada perlakuan khusus untuk tips mobil baru.

 

Inilah tips perlakukan mobil baru :

 

  1. Jangan langsung memacu mesin pada putaran tinggi atau kencang

Anda dapat melihat pada jarum penunjuk takometer sebagai acuan yang bertugas mengukur putaran mesin mobil. Untuk panduannya jangan sampai memacu mobil secara berlebihan hingga jarum penunjuk takometer  menyentuh garis berwarna merah. Memaculah dengan santai dan jarum penunjuk takometer masih di bawah garis bwarna merah, karena mobil baru anda masih dalam keadaan rayen.

 

  1. Memaculah mobil dengan kecepatan yang ber variasi dan pada posisi gigi transmisi

Jangan menggunakan gigi selalu rendah dalam memacu mobil baru, gunakanlah gigi pada kecepatan yang sesuai. Misalnya ketika anda memacu pada gigi satu, maksimalkanlah kecepatan pada gigi satu tersebut. Setelah itu ganti pada gigi kedua, maksimalkan, dan seterusnya pun begitu. Hal ini bertujuan agar gigi pada mobil baru anda bekerja dan bisa terlumasi semua dengan baik. Dan gar komponen seperti kopling, gardan, dan rem juga dapat bekerja dengan baik, karena saing berkaitan. Hal ini berlaku pada mobil manual yang memiliki gigi, bukan pada mobil matic.

 

  1. Jangan memberi muatan yang melebihi kapasitas mobil anda

Jika anda melakukan hal ini, maka umur mobil anda akan berumur pendek pada masa pakainya. Ketahuilah bahwa semua kendaraan khususnya mobil, telah diberi kapasitas muatan sendiri – sendiri. Jadi jangan paksa mobil anda bermuatan di atas normal. Hal ini juga dapat mengakibatkan resiko berkendara anda.

 

  1. Jangan menerem secara tiba – tiba atau mendadak

Bagian ini tergantung dengan tiga bagian yang telah saya sampaikan di atas. Jika anda melakukannya dengan hati – hati maka peluang rem mendadak anda sangat kecil, namun jika anda melakukan dengan sembrono peluang rem mendadak anda sangat besar. Kenapa dianjurkan untuk tidak mengerem dengan mendadak, jadi tujuannya agar gesekan pada komponen dalam mesin dan pergerakannya tidak terlalu besar dan terkurangi. Karena jika anda mengerem dengan berhenti tiba – tiba atau mendadak, gesekan pada komponen semakin besar.

 

Nah, maka dari itu perlakukanlah mobil baru anda dengan baik dan benar. Supaya masa pakai mobil anda panjang, sehingga tidak mengharuskan membeli atau memperbaiki mobil anda karena mogok atau rusak.

 

 

25 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *