4 Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Ban Mobil Mudah Pecah

4 Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Ban Mobil Mudah Pecah - MekanikmitsubishiPenting! Beberapa Kebiasaan Buruk Ini Dapat Menyebabkan Ban Mobil Anda Rentan Pecah

Mekanikmitsubishi.com – Menjadi satu-satunya komponen mobil yang berhubungan langsung dengan jalan, memang menjadi alasan utama mengapa ban Anda sering mengalami berbagai masalah. Tak hanya kempes, aus dan lain sebagainya. Ban pecah pun kadang sering menjadi problematika para pengendara mobil maupun motor.

Baca juga : Cara mudah membaca kode dan type ban mobil.

Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab ban mobil mudah sekali pecah?

Nah, berikut adalah berbagai alasan penyebab ban mobil mudah pecah yang akan membuat Anda semakin berhati-hati dalam merawat ban mobil Anda.

  • Tekanan Angin Ban Yang Tak Sesuai Prosedur Pabrik

Ya, tekanan angin pada ban tentu menjadi faktor yang sangat penting dalam Anda berkendara. Tekanan angin yang terlalu lemah pada ban Anda, dapat menyebabkan ban pecah karena pasokan angin yang berkurang dapat menjadikan performa ban tak sempurna ketika menemui bebatuan maupun lubang jalan.

Tekanan angin yang kurang juga dapat disebabkan karena tambalan ban yang tak benar.

Pecahnya ban mobil disebabkan karena ban semakin mengembang sehingga meningkatkan panas akibat gesekan permukaannya pada jalan. Kawat baja yang menahan pemuaian pun tak bisa lagi menghindari pemuaian tersebut dan disinilah mengapa ban mobil Anda bisa pecah.

  • Ukuran Velg Dan Ban Mobil Yang Tak Sesuai

Penyebab ban mobil Anda cepat pecah yang kedua adalah tak memperhatikan karakter velg saat memasang ban mobil. Ukuran yang tak sama diantara keduanya dapat menyebabkan ban menyangga beban terlalu berat.

Akibatnya, hal itu akan mudah menyebabkan ban mobil Anda cepat pecah. Jadi, lebih baik sesuaikan ban dan velg Anda agar ban mobil dapat bertahan semakin awet.

  • Kebersihan Ukiran Ban Yang Jarang Diperhatikan

Setiap hari Anda berlalu-lalang di jalanan yang pasti akan ditemukan berbagai macam material kecil yang tak terlihat. Seperti kerikil tajam, kaca, dan lain sebagainya. Wah, tentu hal itu akan sangat berbahaya terhadap  ban Anda bukan?

Ban yang di dalamnya menancap kaca maupun kerikil akan mengalami proses solah-olah dilubangi dan dipalu berkali-kali. Nah, akibat luka maupun robekan pada ban mobil itu, rangkaian kawat yang berfungsi melindungi konstruksi ban Anda, akan mudah terkontaminasi benda dari luar.

Air hujan contohnya. Air tersebut tentu akan mempercepat proses pengaratan kawat dan menyebabkan kawat ban menjadi getas dan mudah patah. Sehingga ketika Anda mengendarai mobil, ban mobil dapat terkoyak maupun sobek. Disinilah ban mobil Anda akan pecah.

  • Penggunaan Ban Yang Terlalu Lama

Tiap komponen mobil pasti memiliki umur “kadaluarsa”-nya masing-masing. Tak terkecuali ban mobil. Anda harus memperhatikan ketebalan maupun daya tahan ban mobil Anda dalam berkendara.

Selain itu, jangan mudah tergiur dengan tawaran ban murah yang sering Anda temui. Anda harus memperhatikan kode produksi ban atau jika Anda tak mengerti maka sebaiknya tanyakan pada penjual ban tersebut.

Ban yang kadaluarsa akan menyebabkan struktur ban menjadi getas dan kering. Jika Anda menggunakannya, tentu ban tersebut berpotensi lebih mudah pecah.

Baca juga : Batas paling tepat dar penggunaan serta pergantian ban kendaraan.

Siapkan merawat ban mobil Anda menjadi lebih baik? Demikian artikel kali ini yang membahas mengenai 4 kebiasaan buruk penyebab ban mobil rentan pecah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Efek buruk mengemudikan mobil dalam kondisi ban kekurangan angin.

Beberapa penyebab dan tips mudah atasi ban mobil selip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *