3 Penyebab Utama Kebakaran Mobil Yang Wajib Diketahui

Jangan Sampai Anggap Remeh! 3 Penyebab Kebakaran Mobil Ini Harus Anda Ketahui!

3 Penyebab Kebakaran Mobil Ini Harus Anda Ketahui! - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com – Kebakaran mobil merupakan salah satu jenis kecelakaan yang sangat membahayakan. Tak hanya terjadi pada mobil dengan merek tertentu, kebakaran mobil dapat terjadi pada semua jenis dan merk mobil.

Penyebab dari kebakaran mobil sangat beragam. Meskipun di Indonesia kebakaran mobil termasuk dalam jenis kecelakaan dengan nomor  kasus yang rendah, namun menurut data dari Asosiasi Perlindungan Api Nasional AS, terdapat 174 ribu kasus kebakaran mobil yang menewaskan 445 orang pada tahun 2015. Wow, angka yang cukup fantastis bukan?

Baca juga : Lebih baik pilih asuransi LTO atau asuransi All Risk? berikut penjelasannya.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda berhati-hati dan mulai mempelajari alasan-alasan yang dapat menyebabkan mobil terbakar.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat menyebabkan mobil terbakar. Check this out!

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi sekring mobil sering putus.

  • Permasalahan Pada Kabel Mobil

Masalah kabel pada mobil yang dapat menyebabkan kebakaran dibagi menjadi tiga. Yang pertama adalah terkelupasnya kabel. Biasanya, keadaan mobil yang sudah terlalu tua dapat membuat performa mobil menjadi tak stabil.

Sehingga kabel yang sudah tua dan rapuh saling bergesekan hingga kabel terkelupas. Dari sinilah, percikan api dapat muncul. Sebaiknya Anda menghentikan mobil Anda jika Anda merasa bau-bau terbakar dalam mobil ketika berkendara.

Selanjutnya yaitu kabel pararel aki yang tak kencang. Hal ini dapat menyebabkan korsleting dan tentu berdampak pada kebakaran mobil. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek soket aki dan baut secara rutin agar Anda tak mendapatkan masalah ini.

Yang terakhir adalah pengaplikasian kabel yang kadang tak sesuai. Tak hanya pada peralatan elektronik, kabel pada mobil juga memiliki daya dan tipe yang berbeda-beda. Sehingga jika Anda tak berhati-hati dalam menggunakan kabel yang sesuai, maka kabel dapat memuai dan hal itu akan menyebabkan api menyebar pada seluruh bagian mobil.

  • Bocornya Oli Dan Bahan Bakar

Bensin, oli, solar, oli transmisi, dan bahan bakar mobil lainnya merupakan zat cair yang mudah sekali memicu terjadinya kebakaran. Terlebih jika tangki ataupun selang mobil Anda bocor. Hal ini menjadi faktor utama penyebab kebakaran yang terjadi pada mobil.

Bensin dikenal sebagai cairan yang mudah sekali terbakar hanya dengan percikan kecil, atau bahkan hanya dengan suhu 7,2 derajat. Apabila terjadi kebocoran, maka percikan api yang berasal dari ruang bakar mobil tentu dapat memicu terjadinya kebakaran yang lebih besar.

Jadi, rajinlah merawat sistem sirkulasi bahan bakar maupun oli yang ada pada mobil Anda agar senantiasa aman.

  • Mesin Yang Terlalu Panas

Mesin overheat dapat terjadi jika mobil Anda digunakan terlalu lama atau terlalu dipaksa bekerja keras sehingga suhunya meningkat drastis. Suhu tinggi dari mesin mobil itulah yang dapat menyebabkan suhu oli menjadi tinggi dan akhirnya bocor ke bagian mobil yang mudah menyebabkan api.

Pada umumnya, mesin mobil menjadi mudah panas karena rusaknya radiator ataupun katup mesin yang tak sempurna. Sehingga beban kerja konverter katalisis terlalu dipaksakan akibat pembakaran yang tak sempurna.

Jadi, selalu rawat dan service mobil Anda dengan baik untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Demikian ulasan artikel kali ini yang membahas masalah 3 penyebab utama mobil terbakar yang sering disepelekan. Semoga artikel ini meberikan manfaat yang lebih bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Beberapa penyebab utama mika reflektor mobil/motor meleleh.

Tips sederhana mencegah kendaraan terbakar akibat korsleting listrik.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *