3 Komponen Kaki Mobil Yang Sering Mengalami Kerusakan

Tak Ingin Perjalanan Anda Terganggu? Ketahui Beberapa Komponen Kaki Mobil Yang Rentan Mengalami Kerusakan

3 Komponen Kaki Mobil Yang Sering Mengalami Kerusakan - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com – Tiap komponen yang ada pada mobil merupakan satu kesatuan yang penting dan harus rutin diperiksa. Bayangkan jika Anda berkendara ke tempat jauh maupun dalam kondisi terburu-buru namun terjadi kerusakan, tidak menyenangkan sama sekali bukan?

Begitupun bagian kaki-kaki mobil Anda. Kaki mobil mempunyai peranan primer dalam menjamin kenyamanan Anda dalam berkendara. Biasanya kerusakan pada kaki-kaki mobil akan ditemui pada mobil yang sudah tua. Namun tentu tak hanya mobil tua, penting fungsinya untuk selalu mengecek dan memeriksa kaki-kaki mobil secara teratur.

Baca juga : Tanda-tanda mobil Anda perlu service sporing dan balancing.

Kerusakan pada kaki-kaki mobil biasanya dapat dideteksi dengan adanya suara-suara aneh pada setir ataupun kaki pada saat Anda melewati jalan yang rusak. Jika Anda menyadarinya, lebih baik segera periksa keadaan kaki-kaki mobil Anda.

Nah, apa saja sih komponen kaki-kaki mobil yang rentan mengalami kerusakan? Berikut adalah daftarnya.

  • Tie Rod dan Ball Joint

Kedua komponen kaki mobil ini berfungsi sebagai penerus  gaya belok dari kemudi dan mengikat ban. Jika tie rod dan ball joint rusak, biasanya stir mobil akan terasa berbeda, kosong dan tak berfungsi sesuai arah yang disetir. Sehingga mobil akan lebih susah untuk dikendalikan.

Untuk fungsi spesifiknya sendiri, tie rod merupakan komponen yang dapat membuat mobil Anda bergerak ke arah kiri maupun kanan. Jika terjadi kerusakan, biasanya akan terdengar bunyi “kletek-kletek” ketika Anda sedang membelokkan mobil.

Sedangkan kegunaan dari ball joint adalah menghubungkan sayap mobil dengan knuckle roda. Ball joint  memiliki peran terbesar ketika mobil Anda dioperasikan. Bunyi “gluduk-gluduk” akan terdengar jika komponen yang satu ini sudah mengalami kerusakan. Terlebih jika melewati jalan yang rusak.

Pemeriksaan tie rod dan ball joint dapat dilakukan dengan menggoyangkan ban mobil. Kemudian pegang di bagian kiri dan kanan ban untuk tie rod, sedangkan untuk ball joint Anda harus memagang sisi atas dan bawah ban. Apabila terdengar bunyi maupun terasa longgar, maka dipastikan dua komponen ini mengalami kerusakan.

  • Shockbreaker

Shockbreaker adalah komponen mobil yang berfungsi mengurangi guncangan. Biasanya jika fungsinya mulai menurun, Anda akan mendengarkan suara “bleduk” ketika melewati jalan rusak ataupun jalan terjal.

Karena fungsinya menurun akibat kerusakan, maka pada umumnya mobil Anda akan terasa lebih limbung apalagi ketika berbelok menggunakan kecepatan tinggi.  Efek lain yang ditimbulkan shocbreaker yang rusak adalah permukaan ban menjadi tidak rata sehingga mengurangi kenyamanan Anda dalam berkendara.

  • Rack End

Fungsi dari rack end adalah sebagai pengatur kelurusan roda ketika Anda berkendara di jalan yang lurus.  Bahaya dari rusaknya rack end adalah gangguan keseimbangan mobil yang akan bermasalah. Kerusakan pada rack end dapat diidentifikasi dengan bunyi “kletek-kletek” pada saat mobil beroperasi.

Selain tiga komponen di atas, link stabilizer, bushing dan juga bearing merupakan komponen kaki mobil yang juga sering mengalami kerusakan. Pada intinya, kerusakan itu tak akan terjadi jika Anda rajin merawat dan mengecek komponen-komponen tersebut. Demikian artikel kali ini yang memebahas mengenai beberapa komponen kaki mobil yang risakan mengalami kerusakan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel terkait :

Apa manfaat engine flush dan perlukah dilakukan setiap pergantian oli?

Alasan mobil perlu service sporing dan balancing serta biaya yang dibutuhakan.

Cara paling mudah deteksi kerusakan mounting mobil lawas.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *