3 Keuntungan Pakai Motor Manual Ketika Berlatih Pertama Kali

Tips Belajar Mengendarai Motor? Berikut Ini Merupakan 3 Keuntungan Menggunakan Motor Manual Ketika Berlatih Pertama Kali!

Mekanikmitsubishi.com –  Hampir tiap rumah di Indonesia memiliki satu motor di dalamnya. Ya, motor merupakan salah satu kebutuhan yang sangat mempermudah berbagai aktivitas sehingga tak heran hampir semua orang memilikinya.

Orangtua, remaja, atau bahkan anak-anak pun banyak berlatih bagaimana cara mengendarai motor dengan baik. Sepeda motor memiliki 3 jenis. Yang pertama adalah manual, yang kedua adalah matic dan yang terakhir adalah motor sport. Bagi Anda yang baru pertama kali belajar mengendarai motor, jenis motor apaka yang sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu?

Jawabannya adalah menggunakan motor manual. Anda tentu mengamati, mengapa banyak orang yang menggunakan motor manual ketika belajar? Salah satu alasannya adalah kebiasaaan yang diturunkan sejak tahun sebelum 2006. Pada tahun-tahun tersebut, tak ada pilihan selain belajar menggunakan motor manual. Nah, karena kebiasaan inilah para orangtua terkadang mengajarkan anaknya untuk belajar menggunakan motor manual.

Disamping itu, berikut merupakan alasan mengapa lebih baik berlatih menggunakan motor manual dibandingkan motor matic.

Baca juga : Bahaya meletakkan handphone di jok motor dan dashboard mobil.

  • Akselerasinya Lebih Baik

Sepeda motor dengan transmisi manual memiliki kelebihan akselerasi yang lebih baik dibandingakan dengan motor matic. Alasannya adalah ketika Anda melakukan start awal, motor bebek memiliki tarikan yang lebih responsive dan tak harus memutar gas lebih dalam berbeda dengan motor matic.

Selain itu, motor dengan transmisi manual juga memiliki keamanan yang lebih tinggi dibandingkan motor matic karena gas pada motor tak akan keluar jika Anda tak menaikkan giginya terlebih dahulu. Berbeda dengan motor matic yang sekali gas maka motor akan langsung berjalan.

  • Efektif dan Efisien

Anda tentu pernah mendengar kalimat “lebih baik belajar menggunakan motor manual terlebih dahulu agar tak perlu belajar dua kali”. Testimoni ini sebenarnya sangat cocok jika diterapkan ketika Anda belajar mengendarai sepeda motor. Ketika Anda terbiasa berlatih menggunakan motor manual, maka pada umumnya Anda tak akan “kaget” jika harus mengendari motor dengan transmisi otomatis.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan motor matic terlebih dahulu, Anda akan dikejutkan dengan pengaturan gas yang harus dikendalikan menggunakan gigi. Meski tak semua orang mengalami kesulitan tersebut, namun alangkah baiknya jika Anda menghindarinya dengan mempelajari teknik penggunaan gigi pada motor manual.

  • Lebih Minim Biaya

Motor manual merupakan motor dengan penggunaan bahan bakar yang paling sedikit dibandingkan motor matic ataupun motor sport. Perpaduan sistem gigi manual dengan kopling otomatis dan juga tabung silinder yang kecil pada motor manual merupakan salah satu faktor yang menyebabkan bahan bakar tak boros digunakan pada motor ini.

Selain itu, pemeliharaan motor bebek juga paling murah dibandingkan dengan motor matic dan juga motor sport. Sehingga, apabila kebetulan Anda mengalami benturan kecil atau masalah teknis ketika berlatih, Anda tak harus merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaikinya.

Demikian artikel mengenai keuntungan belajar menggunakan motor manual untuk pertama kalinya, Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel :

Cara mudah bikin SIM tanpa E-ktp dan syarat-syaratnya.

Lebih baik belajar menggunakan mobil matic atau manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *