3 Cara Mudah Memasang Hand Grip Tanpa Pelumas Oli

3 Cara Mudah Memasang Hand Grip Ini Tak Akan Menimbulkan Dampak Negatif Meskipun Tanpa Pelumas Oli

3 cara mudah pasang handgrip tanpa pelumas oli - Mekanikmitsubishi.Mekanikmitsubishi.com – Hand Grip merupakan salah satu komponen motor yang sering di bongkar pasang untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Memasang hand grip merupakan salah satu kegiatan otomotif yang membutuhkan tenaga cukup besar. Oleh karena itu banyak orang yang melumasinya dengan oli bekas agar lebih mudah.

Padahal, melumasi grip menggunakan oli agar lebih mudah masuk ke dalam setang, justru dapat membuat tampilan hand grip menjadi lebih kotor. Selain itu, oli yang terperangkap di sela-sela grip, juga dapat memicu hand grip terasa lebih licin sehingga tak nyaman digunakan.

Lalu, bagaimana cara memasang hand grip tanpa menggunakan bantuan oli atau pelumas lain? Ikuti terus artikel di bawah ini.

  1. Menggunakan Cairan Contact Cleaner

Alih-alih menggunakan oli, cairan contact cleaner justru dapat dijadikan sebagai alternatif yang baik untuk memasang hand grip.  Anda harus menyemprotkan cairan tersebut ke dalam celah handgrip dan tarik komponen tersebut dengan hati-hati.

Ketika grip terlepas dari setang motor, bersihkan kotoran-kotoran yang terdapat pada stang motor Anda dan pasang dengan grip baru. Meskipun cara ini membutuhkan waktu dan tenaga yang tak sedikit, namun menggunakan cairan contact cleaner untuk memasang handgrip Anda, tak menimbulkan efek negatif lain seperti ketika Anda menggunakan oli.

  1. Menggunakan Sabun Colek

Sama seperti oli, sabun colek memiliki sifat  yang dapat melicinkan handgrip ketika komponen tersebut hendak dilepas. Langkah pertama, Anda perlu mengoleskan sabun colek pada bagian setang dan juga handgrip. Oleskan secukupnya saja, yang terpenting, handgrip bisa didorong hingga ujung setang menempel pada ujung terluar handgrip.

Setelah itu, ganti handgrip Anda dengan handgrip yang baru dan biarkan endapan sabun yang tertinggal pada setang. Hal tersebut dapat memicu kuatnya tempelan handgrip pada setang karena endapannya yang mengeras.

  1. Menggunakan Tekanan Angin

Nah, jika dengan menggunakan dua cara di atas Anda masih tak dapat melakukannya, maka satu-satunya cara adalah membawa motor Anda ke bengkel terdekat.  Anda dapat memasang handgrip dengan bantuan angin kompresor.

Masukkan grip bersamaan dengan moncong gun kompresor ke dalam setang dan arahkan moncong kompresor ke bagian grip yang terbuat dari karet. Buka angin kompresor dan tekan handgrip secara bersamaan.

Udara yang muncul melalui kompresor tersebut, dapat memicu proses pemuaian yang terjadi pada karet. Ketika karet memuai, maka terdapat ruang kosong yang dapat mempermudah masuk atau keluarnya grip.

Keuntungan lain menggunakan kompresor ketika melepas handgrip adalah proses kerjanya yang tak meninggalkan bekas apapu. Sehingga handgrip dijamin nyaman digunakan dan tak memiliki masalah di kemudian hari.

Mulai sekarang, jangan biarkan handgrip Anda yang telah habis masa pakainya hanya karena pemasangaannya yang sulit. Dengan cara-cara di atas, Anda bisa membongkar pasang handgrip dengan mudah dan murah. Selamat mencoba!

Artikel terkait :

Tips berkendara di gang dan jalanan sempit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *