3 Bahaya Ac Mobil Tak Dingin Meski Sudah Dinyalakan

Waspadai 3 hal ini! Bahaya Jika Ac Tak Dingin Meski Telah Dinyalakan Bahkan Pada Setelan Tinggi

3 Bahaya Ac Mobil Tak Dingin Meski Sudah Dinyalakan - MekanikmitsubishiMekanikmitsubishi.com – Meningkatnya suhu bumi merupakan salah satu efek globalisasi yang sangat dirasakan oleh semua orang di dunia ini. Cuaca yang makin panas dan keadaan sekitar yang semakin gerah tentu membuat masyarakat berbondong-bondong mencari cara untuk mengatasinya. Salah satunya adalah menggunakan alat pendingin atau biasa disebut air conditioner (AC).

AC merupakan salah satu alat pendingin yang mampu menurunkan suhu ruangan secara signifikan. Sehingga tak heran penggunaan AC sudah menjadi hal umum di kalangan masyarakat, terutama mereka yang berdomisili di kota besar. Selain itu, AC juga dapat memfilter partikel polusi udara yang berasal dari luar ruangan.

Namun, tahukah Anda apa bahaya yang mungkin ditimbulkan jika AC Anda tak dingin meski telah dinyalakan? Penasaran? Ikuti terus penjelasan berikut ini :

  1. Bocornya Freon AC

Jika Anda menyalakan AC dan suhu ruangan tak kunjung turun, maka hal tersebut dapat disebabkan karena habisnya freon dalam alat pendingin Anda.  Freon yang habis karena murni penggunaanya yang sudah terlalu lama, tentu tak menimbulkan efek-efek tertentu yang berbahaya.

Namun sebaliknya, jika freon habis disebabkan karena bocornya saluran freon pada AC Anda, maka Anda patut waspada. Bocornya gas freon pada Ac dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan di antaranya adalah keracunan zat klorofluorokarbon yang dapat memicu gangguan pernafasan.

Selain itu, keracunan gas freon pada AC juga dapat menyebabkan  rasa mual dan mengantuk apabila Anda menghirup dalam jumlah yang tak banyak. Jika Anda menghirup gas freon lebih dari 2.000 PPM, maka hal tersebut mampu menimbulkan masalah pada jantung terutama kecepatan detaknya yang terlalu tinggi. Berbahaya bukan?

Baca juga : Penyebab dan tanda-tanda freon ac mobil berkurang dan tips mengatasinya.

  1. Mengganggu Sistem Pernafasan

Suhu AC yang tak mau dingin meski telah dinyalakan, bisa jadi merupakan salah satu indikasi bahwa AC Anda tak pernah diservice maupun dirawat secara teratur. AC yang jarang diservice, biasanya dapat memicu menumpuknya kotoran pada filter udara yang terdapat di dalam alat pendingin tersebut.

Coba bayangkan jika berbagai debu, bakteri, dan kotoran menumpuk pada filter udara yang dimiliki AC Anda? Tentu kualitas udara yang dihasilkan oleh AC juga tak memiliki kandungan yang bersih dan sehat. Sehingga, mau tak mau dampaknya akan sampai pada kesehatan Anda.

Udara yang terhirup oleh sistem pernafasan akan masuk ke dalam organ dan berbagai kandungannya juga mampu merusak kesehatan sistem pernafasan sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, melakukan perawatan secara rutin terhadap AC merupakan hal penting yang harus Anda lakukan.

 

  1. Rusaknya Komponen AC

Saluran pembuangan yang tak lancar, rusaknya thermostat, kompresor AC yang mulai aus, menurunnya fungsi cooling-fAndan berbagai permasalahan komponen AC lainnya, merupakan salah satu penyebab AC tak dingin meski telah dinyalakan.

Sama seperti masalah sebelumya, rusaknya komponen AC biasanya disebabkan karena kurangnya perawatan dan juga service rutin. Oleh karena itu, mulai sekarang, mari rawat komponen mobil Anda yang mungkin sebelumnya tidak terwat, agar memberikan fungsi terbaiknya dan semakin tahan lama. Demikian artikel ini yang membahas mengenai beberapa bahaya yang mungkin terjadi bila ac mobil tidak dingin saat ac sudah menyala. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Artikel terkait :

Cara membersihkan evaporator ac mobil sendiri yang aman.

Waspada! beberapa bahaya menghirup freon ac mobil yang bocor bagi kesehatan.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *